1
header-int

Mengulik Potensi Pangan Lokal Melalui Mini Talkshow FTB UAJY

10 September 2021
Share Facebook Share

Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FTB UAJY) menggelar Mini Talkshow bertema “Bincang-Bincang Pangan Lokal”, pada Rabu (8/9) melalui Live Streaming Instagram @teknobiouajy. Mini Talkshow ini mengundang dua pembicara Dosen FTB UAJY Konsentrasi Studi Teknobio-Pangan yakni Leonie Margaretha Widya P., S.TP., M.Si. dan Brigitta Laksmi Paramita, S.Pi., M.Sc., dengan moderator Anne Julie (Mahasiswa FTB 2017).

Dalam pembahasan awal, Brigitta selaku pembicara menjelaskan secara sederhana terkait pengertian pangan lokal yang mengacu pada Undang-Undang Pangan.

“Pangan lokal yang dimaksud adalah pangan yang dikonsumsi oleh masyarakat setempat berdasarkan potensi dan kearifan lokalnya,” jelas Brigitta.

Poster Bincang-Bincang Pangan Lokal

Brigitta menjelaskan dengan menyebutkan contoh-contoh yang terkait pangan lokal. Menurutnya pangan lokal memiliki kontribusi dalam ketahanan pangan yang dapat menjadi pengganti nasi sebagai sumber karbohidrat bagi konsumsi masyarakat Indonesia.

Selanjutnya, Leonie juga menambahkan bahwa dalam meningkatkan produksi pangan lokal, perlu ada dukungan dari lingkungan agar menyediakan bahan pangan yang bisa diolah kembali. Leonie juga berharap pengolahan pangan lokal tidak hanya berhenti pada gagasan semata.

“Tidak hanya berhenti pada ide atau gagasan, perlu juga tahap komersialisasi untuk bahan pangan lokal yang siap dijual di masyarakat, agar nantinya pangan lokal tertentu bisa mendapatkan minat yang tinggi,” jelas Leonie.

Mini Talkshow ini ditutup dengan kuis berhadiah free registrasi bagi 10 peserta beruntung untuk mengikuti Seminar Nasional Dies Natalis ke-56 UAJY pada 18 September 2021 mendatang yang akan dilaksanakan oleh FTB UAJY, dengan mengangkat tema “Pemenuhan Kebutuhan Pangan Melalui Eksplorasi Sumber Daya Lokal dan Inovasi Teknologi dalam Rangka Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat”.

###

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube