header-int

Menilik Kenormalan Baru di Industri Penerbangan Lewat Career Outlook UAJY

30 June 2020
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar career outlook bertajuk “Tantangan Komunikasi Pemasaran Industri Aviasi untuk Menyambut Kenormalan Baru”. Webinar ini disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Universitas Atma Jaya Yogyakarta pada 25 Juni 2020 pukul 15.30-17.00 WIB. Pembicara webinar kali ini diisi oleh Kleopas Danang Bintoroyakti, seorang aviation policy and communication analyst yang juga merupakan alumni FISIP Prodi Ilmu Komunikasi UAJY angkatan 2006. Moderator dalam webinar ini adalah Pupung Arifin, M.Si selaku Dosen FISIP Program Studi Ilmu Komunikasi dan Wakil Rektor III UAJY. Kegiatan webinar ini merupakan rangkaian dari 12 seri career outlook yang pertama kali dibuka oleh Program Studi Ilmu Komunikasi, dimana bincang alumni UAJY ini akan dilanjutkan oleh 11 Program Studi UAJY lainnya.

WhatsApp Image 2020-06-30 at 10.56.35 (1)

Pembahasan di dalam webinar ini seputar industri penerbangan selama masa pandemi, dimulai dari dampak, tantangan, hingga bagaimana industri penerbangan merespons COVID-19. Webinar dibuka dengan pemaparan hasil riset dari IATA oleh pembicara yang dijadikan rujukan dalam industri aviasi Indonesia, dimana dalam riset tersebut industri penerbangan mempunyai peranan utama dalam meningkatkan ekonomi negara dilihat dari industri pariwisata yang didukung oleh industri aviasi. Namun, industri pariwisata Indonesia menjadi menurun akibat merebaknya virus corona sehingga berdampak pada perekonomian negara.

Selain itu, Kleopas Danang Bintoroyakti menjelaskan beberapa bentuk kesiapan industri aviasi dalam merespons COVID-19, yang paling utama merupakan komunikasi secara intens kepada stakeholders. Kesiapan ini telah diwujudkan dalam bentuk new normal protocol di saat akan berangkat dan sampai di tempat tujuan, melaksanakan survey, dan lain sebagainya. Menurutnya, industri penerbangan sarat dengan regulasi, namun dirasa percuma jika hanya crew penerbangan yang sadar akan hal tersebut.

“Penumpang harus mampu mengedukasi dirinya sendiri jika ingin terbang, sehingga komunikasi yang sudah dilakukan oleh industri penerbangan dapat diimplementasikan dengan baik,” ungkap Kleopas.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube