header-int

Menuju Kampus Inklusif bersama FISIP UAJY

21 May 2019
Share Facebook Share

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) mengadakan seminar umum dengan tema “Menyuarakan Dunia Sunyi, Pentingnya Kampus Inklusif bagi Tuli di UAJY” di Ruang Audiovisual Gedung Thomas Aquinas UAJY, Jumat (17/5/2019). Seminar yang digagas oleh salah satu mahasiswa tuna rungu dari Program Studi Sosiologi FISIP UAJY, Davi Muchlisin, mengundang kalangan umum untuk dapat hadir. Seminar tersebut juga dihadiri oleh beberapa orang yang juga mengalami tuna rungu.

Interpreter atau penerjemah juga disediakan pihak acara seminar untuk memfasilitasi para hadirin yang tuna rungu. Interpreter tersebut dari komunitas relawan tuli di Yogyakarta. Hadirnya interpreter ini membuat mereka yang mengalami tuna rungu memiliki antusias lebih untuk dapat bergabung di seminar.

“Karena selama ini masih cukup jarang kampus mengadakan seminar yang turut menyediakan interpreter, sebagai salah satu bentuk usaha menuju kampus inklusif,” ujar Trifosha Adi Wiyono, selaku wakil ketua penyelenggara Seminar Tuli FISIP UAJY 2019.

IMG_0406

Beberapa pembicara hadir sebagai narasumber yaitu Phieter Angdika selaku Peneliti Junior Laboratorium Riset Bahasa Isyarat (LRBI) dan Ketua Gerakan untuk Kesejahteraan Tunarungu Indonesia (Gerkatin) Kepemudaan, Gustian Hafidh selaku peserta kajian tuli LRBI dan aktivis tuli. Hadir pula Ro’fah., MA., PhD selaku pendiri Pusat Layanan Difabel (PLD) sekaligus dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, serta Pupung Arifin, M.Si, Wakil Rektor III UAJY hadir sebagai moderator.

“Pergerakan menuju kampus inklusif ini sangat baik adanya, terutama Atma Jaya yang berinisiatif memulai ketika kampus yang lain belum begitu tergerakkan untuk menjadi kampus yang inklusif bagi penyandang disabilitas. Ini yang patut kita bangun, kesadaran akan inklusif yang tidak datang hanya dari pemerintah semata melalui fasilitas umum dan lainnya, tetapi juga dari akademik, pengajaran yang terbuka untuk disabilitas,” ujar Ro’fah dalam pembahasan materinya.

IMG_0447

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube