header-int

Menuju Kampus Merdeka, UAJY Gelar Diskusi Akreditasi dan Kurikulum OBE

22 February 2020
Share Facebook Share

Memasuki era revolusi industri 4.0, pendidikan bukan lagi tatap muka antar dosen dan mahasiswa. Pendidikan 4.0 ini mengarah pada kampus merdeka yaitu kurikulum OBE (Outcome Based Education). Untuk menghadapi perkembangan pendidikan tersebut Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan diskusi yang mengangkat tema “Akreditasi Internasional dan Kurikulum OBE Menjawab Tantangan Kampus Merdeka” yang berlangsung pada hari Rabu (19/02/2020) di Auditorium Kampus III Gd. Bonaventura UAJY. Diskusi ini dimoderatori oleh Dr. Yosephine Suharyanti, S.T., M.T, Dosen UAJY dan mendatangkan pembicara Dr. Leni Sophia Heliani., ST., M.Sc., Dosen Fakultas Teknik UGM dan Dr. B.M Purwanto, M.B.A. Ph.D., Dosen Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM.

“Diskusi ini bertujuan untuk mencapai akreditasi yang baik dan kurikulum OBE yang diharapkan dapat sesuai dengan capaian pembelajaran, proses pembelajaran, dan, metode pembelajaran,” ujar Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi M.Eng., Ph.D. dalam sambutannya.

WhatsApp Image 2020-02-20 at 13.54.43

Pendidikan OBE (Outcome Based Education) dipilih dengan tujuan untuk mengikuti perkembangan industri 4.0 dan education 4.0. Pendidikan berbasis outcome harus memiliki gambaran yang jelas dan menjadi awal bagi dosen maupun mahasiswa untuk mewujudkan kampus merdeka. Terdapat beberapa hal untuk menuju kampus merdeka yaitu dengan proses outcome, curriculum, learning and teaching, dan assessment. Capaian pembelajaran lulusan berakar dari visi misi dan filosofi Perguruan Tinggi (PT). Lulusan akan berdampak bagi bangsa atau masyarakat dengan adanya program seperti KKN. Sehingga lulusan dapat mencapai visi dan misi PT.

“Selain mengajarkan konten atau materi, pendidikan 4.0 juga mengajarkan kepemimpinan, team work, dan komunikasi melalui presentasi,” jelas Leni dalam presentasinya.

Dr. B.M Purwanto dalam presentasinya menuturkan bahwa sebaiknya dalam pendidikan perlu sibuk untuk meningkatkan kualitias daripada mengukur kualitas. Harapan dari diskusi ini nantinya dapat menerapkan pendidikan 4.0 untuk mencapai kampus merdeka.

WhatsApp Image 2020-02-20 at 13.54.40

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube