1
header-int

MIK UAJY Gelar Diskusi Fenomena Cyber Attack di Indonesia

30 July 2020
Share Facebook Share

 Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (MIK UAJY) menggelar diskusi daring dengan topik “Serangan Digital di Indonesia: Apa yang Perlu Diketahui?”. Diskusi daring dilaksanakan dengan media Zoom pada hari Rabu, 29 Juli 2020 pukul 14.00-16.00 WIB. Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr. Lukas Ispandriarno, M.A yang menjadi moderator membuka jalannya diskusi daring yang diikuti oleh lebih kurang 50 peserta ini.

Diskusi ini mengundang narasumber Kalis Mardiasih seorang Gusdurian dan penulis buku seperti Nanti Nyasar!, Berislam seperti Kanak-Kanak, dll. Kalis membahas cyber attack berbasis gender.

“Terdapat mitos bias gender pada perempuan sehingga perempuan kerap dijadikan objek dan rentan akan tindakan pelecehan daring,” jelas Kalis.

MIK 2

Beberapa contoh adalah dengan berkomentar mengenai bentuk tubuh perempuan atau melakukan editing foto menjadi foto pornografi. Kalis menyampaikan jika hal tersebut dapat berdampak bagi korban seperti: ketakutan/trauma, isolasi, penyerahan diri pada kontrol, kriminalisasi, swasensor, kehilangan peluang ekonomi, hingga kematian.

MIK 1

Pembicara selanjutnya adalah Direktur SAFEnet, Damar Juniarto. Damar menyampaikan jika pada dasarnya terdapat hak asasi manusia berupa hak digital di Indonesia. Beberapa hak digital itu adalah: hak untuk mengakses internet, hak untuk berekspresi atas keberagaman konten, serta hak untuk merasa nyaman dari penyerangan, perlindungan privasi, serta perlindungan hukum. Selanjutnya

Cyber attack merupakan salah satu bentuk tindakan kejahatan dengan media digital. Terdapat tren baru senjata siber yakni doxing, disinformasi, peretasan dan peniruan akun, telepon gelap, hingga amuk siber,” jelas Damar.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube