header-int

MIK UAJY Gelar Webinar Prospek Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok Pasca COVID-19 (New Normal)

17 June 2020
Share Facebook Share

Magister Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (MIK UAJY) menggelar webinar bertajuk “Prospek Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok Pasca COVID-19 (New Normal), Jumat (12/06/2020). Webinar ini dibuka oleh Dr. Lukas Ispandiarno selaku Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi dan Moderator. Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok dan Mongolia, Djauhari Oratmangun, menjadi pembicara tunggal dalam webinar ini. Acara ini dihadiri oleh 116 partisipan dan membahas seputar hubungan diplomatik Indonesia-Tiongkok, bagaimana China berkomunikasi disaat krisis, serta perkembangan COVID-19 terbaru di China.

S

Indonesia dan China telah menjalankan hubungan diplomatik sejak 70 tahun yang lalu sehingga penjabaran bentuk kerja sama yang sudah dilakukan cukup banyak. Namun, yang menjadi fokus dari webinar ini adalah gambaran kerja sama yang akan dilakukan ketika New Normal diberlakukan. Djauhari Oratmangun selaku Duta Besar Indonesia-Tiongkok menyampaikan banyak kerjasama yang harus ditunda karena pandemi COVID-19 yang masih merebak. Meskipun demikian, disebutkan beberapa prospek kerja sama yang akan dilakukan oleh Indonesia-Tiongkok, yaitu dalam bidang ekonomi khususnya perdagangan, pariwisata, pembangunan, dan digital economy.

“China berencana untuk berinvestasi ke beberapa start-up raksasa milik Indonesia,” ujar Djauhari.

Dalam diskusi ini, Djauhari berpendapat bahwa mahasiswa/i ilmu komunikasi memiliki peran utama dalam menghadapi krisis.

Strategic communication diperlukan agar dapat mengkomunikasikan kepada publik dan dapat diterima dengan baik pula,” ungkap Djauhari. Selain itu, ditekankan pula agar kita berhenti membanding-bandingkan negara kita dengan negara lain yang tidak sesuai misalnya dari jumlah penduduk, luas negara, dan lain sebagainya, karena menurutnya, tiap negara mempunyai cara masing-masing untuk menghadapi krisis.

DUBES 1

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube