1
header-int

MTI UAJY Gelar Webinar tentang Machine Learning

26 June 2021
Share Facebook Share

Magister Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta mengadakan webinar bertajuk “Machine Learning for Industrial Engineering: Is it Necessary?”, Selasa, 25 Mei 2021. Webinar ini mengundang pembicara Prof. Bernardo Nugroho Yahya, Ph.D, Industrial & Management Engineering Department, Hankuk University of Foreign Student Korea dengan moderator Anugrah Kusumo Pamosoaji, Ph.D., Dosen Departemen Teknik Industri UAJY.

Webinar dimulai dengan survei singkat untuk mengetahui tingkat pengetahuan peserta mengenai machine learning. Berdasarkan hasil survei tersebut, sebanyak 46,2% peserta menyatakan belum mengerti, 48,7% cukup mengerti, dan hanya kurang lebih 5% peserta saja yang telah mengerti machine learning.

Setelah survei singkat dilakukan, pembicara memulai materinya dengan penjelasan singkat mengenai industri 4.0. Nugroho menyampaikan cakupan bidang dari industri 4.0 yang sudah sangat luas saat ini.

“Saat ini industri 4.0 itu sudah sangat luas dari seluruh bidang mulai dari: cyber security, internet, cloud computing, big data, dan masih banyak lagi,” jelas Nugroho.

Selanjutnya Nugroho menjelaskan mengenai pengertian dan manfaat machine learning. Machine learning merupakan sistem yang dapat bekerja dengan sebuah data dan memberikan hasil tertentu.

“Secara garis besar, machine learning itu berorientasi pada data yang dapat menjadi insight pada bisnis yang dijalankan,” kata Nugroho.

Nugroho melanjutkan dengan tahap perkembangan teknologi saat ini atau biasa disebut dengan artifical intelligence. Nugroho menjelaskan saat ini telah terdapat tiga tingkatan yakni: machine consciousness, machine intelligence, dan machine learning. “Meskipun sudah ada tiga tingkatan, saat ini teknologi kita masih berada di tahap kedua yakni machine intelligence dan akan segera menuju ke tahap berikutnya,” tambahnya.

###

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube