header-int

Olimpiade Biologi UAJY 2011 Ajang Kompetisi Bidang Bioteknologi bagi siswa SMA

21 February 2011
Share Facebook Share

(21/2) Olimpiade Biologi (OB) tahun 2011 merupakan kelanjutan dari OB sebelumnya dan merupakan tahun penyelenggaraan kelima kalinya oleh Fakultas (). OB dilaksanakan dengan tujuan utama untuk meningkatkan pengetahuan dan penguasaan bidang Bioteknologi di kalangan siswa SMA se pulau Jawa. Selain itu, OB juga bertujuan untuk mengajak para siswa senantiasa mengikuti perkembangan bidang ilmu ini yang berlangsung amat cepat di berbagai negara.

Setiap tahun jumlah peserta selalu meningkat, OB 2011 diikuti oleh 271 siswa SMA mulai dari Jawa Barat seperti Bekasi dan juga DKI Jakarta, serta Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang. Para siswa yang mengikuti OB 2011 didampingi oleh guru yang berjumlah sebanyak 48 orang. Sedang jumlah yang mengirimkan siswanya kali ini sekitar 57 , baik swasta maupun negeri.

Meningkatnya jumlah peserta serta sekolah yang mengirimkan siswanya mengikuti OB 2011 selain membanggakan juga memperlihatkan bahwa sesungguhnya para siswa SMA memiliki kesiapan mental untuk berkompetisi. Hal ini tentu sangat bermanfaat saat para siswa ini nantinya memegang kendali sebagai calon pemimpin negara ini. Di sisi lain, kesiapan berkompetisi di bidang Bioteknologi juga memiliki potensi untuk dikembangkan di masa mendatang. Sangat diharapkan dari para peserta ini akan dilahirkan pakar-pakar Bioteknologi Indonesia yang mampu “berbicara” di ajang internasional.

Lomba OB 2011 tidak banyak berbeda dengan penyelenggaraan tahun lalu, kecuali dalam hal pembaruan soal-soal yang dilombakan. Materi yang dilombakan secara garis besar masih tetap sama seperti tahun lalu, yaitu meliputi antara lain: Biologi Sel dan Molekuler, Genetika, Mikrobiologi, Evolusi, Ekologi, Etologi, serta Anatomi dan (Tumbuhan dan Hewan).

Selain penyelenggaraan OB, panitia juga memberikan kesempatan bagi para guru pendamping untuk mengikuti , yaitu di bidang Teknologi DNA dan Ketahanan Pangan. ini juga diberikan secara cuma-cuma bagi semua guru pendamping selama menunggu para siswa bimbingannya melaksanakan lomba. Diharapkan dengan mengikuti ini para guru akan dapat memberikan pemahaman aspek Bioteknologi terapan lebih menarik saat mengajar siswanya di sekolah masing-masing.

Fakultas Teknobiologi (FTb) UAJY masih akan terus menyelenggarakan OB di tahun-tahun berikutnya. Bahkan sedang dipikirkan oleh panitia FTb bentuk OB ke depan tidak hanya berupa lomba teori saja tetapi diikuti dengan praktikum. Dengan demikian, penguasaan pengetahuan para peserta tidak terbatas pada teori semata, tetapi juga dalam hal ketrampilan praktis di bidang Bioteknologi. Dukungan para pihak, utamanya para sponsor bagi kegiatan ilmiah semacam ini sangat diharapkan, mengingat meningkatnya peserta dan besarnya pendanaan untuk menyelenggarakan kegiatan semacam OB ini.

lomba, seperti yang dilaporkan oleh ketua seksi lomba, yang juga Wakil Dekan I FTb, Ibu Dra. L. Indah Murwani, M.Si, adalah sebagai berikut: Juara I sampai IV siswa dari SMA Billingual, Sragen, sedang juara V dari SMAN I Purworejo. Para juara selain menerima trofi dan sertifikat juga mendapatkan uang pembinaan dengan besaran bervariasi. FTb memberi kesempatan bagi juara pertama OB 2011 untuk masuk FTb tanpa tes dan menerima beasiswa selama empat (4) tahun. Selain itu, FTb juga memberikan kesempatan bagi 50 orang siswa dengan skor tertinggi OB 2011 masuk FTb tanpa tes

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2014 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube