header-int

Pameran Arsitektur Uajy Werner Sobek – Designing The Future

08 June 2009
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta(UAJY) menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran keliling WERNER SOBEK-designing the future. Pameran ini merupakan pameran keliling yang diselenggarakan UAJY bekerjasama dengan Goethe-Institut Jakarta dan Universitas Pelita Harapan berlangsung pada tanggal 8 sampai 21 Juni 2009 di gedung Perpustakaan Pusat Jl. Babarsari No 5 Yogyakarta. Bapak Akhmad Suraji selaku Sekjen Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi nasional akan secara resmi membuka pameran ini pada hari Senin 15 Juni 2009 yang terbuka untuk umum dan gratis. Pameran ini menyorot secara khusus hasil riset yang telah dilakukan oleh Institut Werner Sobek mengenai struktur ringan dan design konseptual. Tujuan yang lebih penting dari pameran ini ialah, ingin menunjukkan kepada publik Indonesia, bahwa selain beton dan baja ada materi lain yang dapat digunakan untuk bangunan. Terutama di kota-kota besar, tampaknya fungsi bangunan bercampur dengan arsitektur yang tanpa fantasi.

Kita patut berterima kasih kepada Werner Sobek yang telah mengembangkan jalan keluar yang inovatif sehingga kita dapat merancang bangunan yang lebih atraktif, tanpa harus mahal. Kerja teknik bangunan yang lebih baik dan satu proses perencanaan yang terintegrasi tidak hanya menolong mengurangi jumlah penggunaan materi, melainkan dapat juga mengurangi biaya kerja dan pemeliharaan.

Perusahaan Konsultan Werner Sobek terkenal di manca negara dalam bidang rekayasa, desain, dan keberlanjutan (sustainability). Perusahaan ini mempunyai kantor perwaklilan di Stutgart, Dubai, Frankfurt, Kairo, Khartoum, Moskow dan New York. Hasil desain perusahaan ini ditandai dengan bentuk yang bercitra tinggi berdasarkan konsep rekayasa terbaru (state of the art) dan pemikiran yang cerdik untuk penggunaan energi dan material yang minimal. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1992 dan mempunyai lebih dari 200 karyawan mendesain semua jenis bangunan dengan memanfaatkan berbagai jenis bahan bangunan. Fokus desain diletakkan pada bangunan pencakar langit, perencanaan fasade bangunan, dan konstruksi khusus dari bahan baja, gelas, titanium, tekstil dan kayu.

Pemilik dari perusahaan konsultan ini adalah Prof. Dr.-Ing. Werner Sobek. Beliau adalah seorang Arsitek, Konsultan Teknik, Insinyur Struktur pemegang lisensi perencana dengan berbagai bahan struktur, disamping lisensi sebagai perencana Struktur di Shanghai dan di Negara Bagian Illinois, USA. Selain itu perusahaan yang dipimpinnya mempunyai juga lisensi sebagai perencana di Dubai, California, New York dan Rusia. Sebagai penerus dari Prof. Frei Otto dan Prof. Jörg Schlaich, Prof. Werner Sobek saat ini memimpin Institut untuk Struktur ringan, Desain dan Konstruksi pada Universitas Stuttgart. Selain itu, beliau diangkat sebagai Profesor Mies van der Rohe pada Institut Teknologi Illinois di Chicago.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube