header-int

Pascasarjana UAJY adakan Computational Thinking dan Bebras Workshop

19 December 2019
Share Facebook Share

Yogyakarta – Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan seminar Computational Thinking untuk mahasiswa Magister Informatika dan Bebras Workshop tentang pembuatan soal Bebras kepada dosen Bebras Biro Yogyakarta dan Jawa Tengah. Acara ini berlangsung di Kampus III Gedung Bonaventura UAJY dengan pembicara Dr. Inggriani Liem (Ketua NBO Bebras Indonesia), Sabtu (14/12/2019).

Computational Thinking (CT) atau berfikir komputasional adalah cara pemecahan masalah yang bertumpu pada ilmu-ilmu informatika. Cara pemecahan masalah ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh siapapun. Masalah yang kompleks dan sulit dapat dipecahkan secara efektif dan efesien dengan menggunkan CT, Pendidikan mengenai CT ini kemudian banyak diterapkan di sekolah-sekolah, dari TK sampai SMA. Bebras merupakan salah satu wadah Pendidikan CT di dunia, tak ketinggalan juga di Indonesia.

IMG_0001 (1)

Magister Informatika UAJY berencana akan mengadakan kegiatan pengbdian kepada masyarakat yang berkaitan dengan CT dan Bebras dengan mengikutsertakan mahasisawa. Workshop ini merupakan langkah awal dari kegiatan Pengabdian Masyarakat tersebut. Melalui workshop ini, mahasiswa diberikan pelatihan mengenai CT dan Bebras. Sedangkan Program Sarjana Informatika UAJY sudah melakukan pengabdian masyarakat dengan membimbing siswa/siswi SD,SMP, dan SMA di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. UAJY juga salah satu yang menyumbang paling banyak untuk pengabdian Bebras tersebut.

Workshop berisi pelatihan pembuatan soal bebras bagi dosen Magister Informatika, dosen-dosen program Sarjana Informatika UAJY dan dosen-dosen Informatika yang merupakan Bebras Biro di Yogyakarta dan Jawa Tengah. Pelatihan ini adalah yang pertama kalinya dilakukan di Bebras Biro Yogyakarta dan Jawa Tengah. Soal-soal ini diharapkan dapat digunakan untuk Tantangan Bebras Bagi Siswa/Siswi SD-SMA di Indonesia.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube