header-int

PBKH UAJY Sosialisasikan Bahayanya Hoax

15 November 2018
Share Facebook Share

Pusat Bantuan dan Konsultasi Hukum (Fakultas Hukum Universitas Atma Jaya Yogyakarta (PBKH UAJY), mengadakan Seminar “Hoax Memenjarakanmu” yang dilaksanakan di Ruang Konferensi Gedung Alfonsus Kampus I UAJY, Rabu (14/11). Acara ini dihadiri oleh kalangan umum, dosen dan mahasiswa Fakultas Hukum UAJY. Kepala PBKH, Y. Hartono, S.H., M.Hum memberi sambutan sekaligus membuka acara yang dihadiri oleh.

Seminar ini merupakan program yang baru dicetuskan oleh PBKH UAJY untuk pertama kalinya dan akan menjadi program yang berlanjut ke depannya. Tema berita bohong atau hoax dipilih dengan latar belakang teknologi yang saat ini semakin pesat, sharing informasi semakin dimudahkan hanya dengan satu klik, namun satu klik ini mampu menghadirkan hoax di kalangan masyarakat.

“Kebutuhan masyarakat akan pertukaran informasi membuat pemerintah mengeluarkan tindakan berupa Undang-Undang tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dan beberapa Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Namun hadirnya UU dan KUHP ini justru tidak menyelesaikan masalah hingga muncul lah kasus hoax yang ramai di masyarakat akhir-akhir ini. Gagasan itu lah yang kemudian melandasi kami untuk mengambil pembahasan berita hoax dan pemberlakuan UU dan KUHPnya ” ujar Wicaksono Rinaldi, S.H selaku ketua panitia acara.

3

Pakar Hukum ITE, Dr. Aloysius Wisnubroto, S.H., M.Hum dan Deka Saputra Saragih, S.H., M.H selaku Advokat atau Praktisi Hukum, turut berpartisipasi menjadi pembicara utama seminar dengan masing-masing sudut pandang. Aloysius Wisnubroto dari segi teoritis menyampaikan bagaimana terkaitnya hoax dengan UU ITE dan KUHP, serta Deka Saputra menyampaikan dari segi praktis Advokat menangani kasus berita hoax.

“Besar harapan kami, dengan hadirnya seminar dan dua pakar hukum ini mampu memberi manfaat pengetahuan bagi peserta untuk mereka, yang kemudian dapat melakukan tindakan pencegahan munculnya berita hoax. Sehingga masyarakat sudah memiliki bekal dan senjata sendiri untuk melawan berita hoax nantinya,” ujar Soni mengakhiri.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube