1
header-int

Pelantikan Dekan Fakultas di Lingkungan UAJY

01 February 2018
Share Facebook Share

Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, SH., LL.M, Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melantik para dekan fakultas di lingkungan UAJY untuk periode 2018-2022, yang terhitung mulai 1 Februari 2018 sampai dengan 31 Januari 2022. Pelantikan berlangsung di Auditorium Gedung Thomas Aquinas, Babarsari pada Kamis, (1/2/2018). Sebanyak enam dekan fakultas dilantik secara langsung oleh Rektor UAJY. Dari enam dekan yang dilantik terdapat dua dekan yang terpilih kembali, yakni Drs. Budi Suprapto, MBA., Ph.D selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Dr. A. Teguh Siswantoro sebagai Dekan Fakultas Teknologi Industri.

2

Di samping itu, dari seluruh 6 dekan yang dilantik terdapat 3 dekan wanita dan 3 dekan laki-laki. Ketiga dekan wanita tersebut adalah: Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti, SH.,M.Hum sebagai Dekan Fakultas Hukum, Surhardjanti Felasari, ST., M.Sc., CAED, Ph.D sebagai Dekan Fakultas Teknik, dan Dr. Dra. E. Mursyanti, M.Si. sebagai Dekan Fakultas Teknobiologi. Sedangkan 3 dekan laki-laki yang dilantik, selain kedua dekan fakultas yang terpilih kembali di atas adalah F.X. Bambang Kusumo Prihandono, S.Sos., MA., sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Dalam sambutannya, Rektor UAJY memberikan apresiasi positif kepada kinerja para dekan untuk periode 2014-2018 yang baru lalu yang telah berhasil mengukir prestasi. “Terima kasih yang setinggi-tingginya kepada para Dekan yang selama ini telah bekerja dengan baik bersama universitas maupun yayasan, sehingga kemajuan universitas bertumbuh dengan pesat. Ini semua merupakan karya bapak/ibu di unit masing-masing dengan semangat melayani,” ungkap Nurhartanto.

1

Selanjutnya Rektor berharap agar segenap komponen yang ada memacu diri, meskipun saat ini UAJY menempati urutan ke-46 dalam “50 Universitas Terbaik di Indonesia” dan “9 PTS terbaik di Indonesia”, kondisi tersebut hendaklah tidak membuat kita berpuas diri karena masing-masing PTN ataupun PTS yang berada di belakang kita akan terus berbenah diri untuk menggapai kemajuan di segala bidang, yang tidak mustahil akan mengejar ketertinggalan  sekaligus meningkatkan ranking mereka. Apabila tidak diantisipasi maka tidak mustahil UAJY akan kalah bersaing.

5

Sedangkan Ketua Yayasan Slamet Riyadi Yogyakarta, Prof. Andi Tisyono, M.Sc., Ph.D mengingatkan bahwa persoalan terbesar yang dihadapi setiap institusi pada masa kini dapat dirangkum ke dalam 3 masalah utama, yakni: Pertama, persoalan SDM. Setiap institusi dituntut menempatkan right man on the right place. Di samping persoalan tersebut, di lembaga pendidikan tinggi, eksistensi guru besar amatlah penting. Untuk itu, UAJY dituntut utuk bekerja keras agar semakin banyak dosen menyandang predikat sebagai guru besar,

“Untuk ukuran UAJY yang besar ini, jumlah guru besar yang ada masih sangat sedikit,” demikian Andi menegaskan.

Kedua, sarana dan prasarana. Persoalan sarana dan prasarana ini bukan saja terbatas pada gedung atau bangunan fisik yang ada, namun harus dilihat ada apa saja di dalam bangunan tersebut. Struktur budget institusi menjadi penting karena dari situ segala sesuatu yang berkaitan dengan peningkatan dan pengembangan kualitas SDM lembaga akan ditentukan.

Ketiga, kualitas lembaga. Jangan sampai para pemimpin lembaga ini hanya sibuk merespon setiap perubahan yang datang sehingga lupa pada peningkatan kualitas lembaga. Meningkatkan kualitas lembaga menjadi prasyarat yang tak dapat ditunda dalam menghadapi era globalisasi saat ini.

3 10 9 8 7 6

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube