header-int

Pelatihan Guru BK “Menjadikan Siswa Semakin Mandiri dalam Manajemen”

30 May 2018
Share Facebook Share

Kelas XII merupakan puncak dari masa sekolah seorang siswa. Pada saat duduk di bangku kelas XII, siswa harus belajar lebih keras karena harus menempuh beberapa ujian agar bisa lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dapat diterima di universitas yang diinginkan.

Masalah yang sering dihadapi oleh siswa kelas XII yaitu mengalami kebingungan dalam menentukan pilihan program studi di perguruan tinggi. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurangnya pengetahuan mengenai ragam profesi, pemahaman akan diri sendiri, memahami peluang, perencanaan tentang pilihan dan pendampingan dari orang tua serta sekolah yang kurang efektif.

1

Peran Guru Bimbingan Konseling (BK) pada sekolah sangat diperlukan untuk mengatasi masalah yang dihadapi siswa-siswa tersebut. Oleh Sebab itu, Kantor Kerja Sama dan Promosi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KKP UAJY) mengadakan acara Pelatihan Guru-Guru BK SMA dan SMK Yayasan Katolik Se-DIY dan Jawa Tengah pada 28 Mei 2018. Acara yang dilaksanakan di Student Lounge, Gedung Thomas Aquinas, Kampus 2, UAJY tersebut diikuti oleh 22 Guru BK dari SMA dan SMK Yayasan Katolik Se-DIY dan Jawa Tengah seperti SMA Bopkri 1 Yogyakarta, SMA Pius X Magelang, SMK PL Leonardo Klaten, SMA Yos Sudarso Cilacap dan sebagainya. Pembicara yang turut hadir dalam acara ini yaitu Agnes Dewanti yang merupakan Konsultan Psikologi di Rumah Sakit Panti Rapih dan Rumah Sakit Siloam Yogyakarta

“Selain memberikan ilmu bagi guru-guru BK, pelatihan tersebut merupakan penghargaan UAJY kepada SMA dan SMK Yayasan Katholik atas kerja sama yang selama ini dijalin,” kata Maria Titi Purwaningsih yang kerap disapa Titi sebagai Wakil Kepala Bidang Promosi UAJY.

3

“Pelatihan guru BK ini merupakan acara yang pertama kali diadakan KKP, sebelumnya KKP hanya mengadakan acara semacam konsultasi mengenai pendaftaran mahasiswa baru di UAJY sehingga saya harap acara ini dapat memberikan manfaat lebih bagi Guru BK,” tambah Titi.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube