header-int

Pembekalan KKN UAJY ke 69, Semester Genap T.A. 2015/2016

12 April 2016
Share Facebook Share

Setiap akan dimulainya penyelenggaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN) selalu diawali dengan kegiatan pembekalan. Begitu juga dengan KKN yang ke 69 pada Semester Genap TA 2015/2016 kali ini. Pembekalan dilaksanakan pada setiap Sabtu di Auditorium Kampus II, III, dan IV UAJY yang berlokasi di kawasan Babarsari. KKN ke 69 ini diikuti oleh 747 mahasiswa dari seluruh fakultas yang ada dan direncanakan akan diterjunkan di beberapa lokasi, yang meliputi Ketapang, Gunungkidul, dan Kulonprogo.

Menyadari bahwa entrepreneurship merupakan sebuah topik pilihan dan kajian yang mampu menjadi generator pembangunan lingkungan, pribadi, distribusi, pemeliharaan lingkungan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, maka LPPM mengundang Prof. Dr. Shellyana Junaedi, SE., M.Si. dari Pusat Studi Kewirausahaan (PUSWIRA) UAJY sebagai salah satu pembicara dalam acara pembekalan KKN yang dilaksanakan pada Sabtu, 9 April 2016.

Dipaparkan oleh Shelly, bahwa seorang entrepreneur (wirausaha) harus bisa melihat “opportunity” atau peluang dari kacamata/perspektif yang berbeda dari orang lain, atau yang tidak terpikirkan oleh orang lain yang kemudian bisa diwujudkan menjadi “value”. Baginya berlaku ungkapan “Nothing is impossible and impossible is nothing”, karena cara pandang dan preferensi seseorang akan mengarahkan sikap dan perilakunya.

Untuk itu, demikian Shelly menambahkan, di samping mahasiswa perlu memiliki High Concept, yang mencakup kemampuan untuk menciptakan keindahan yang artistik dan emosional, untuk mendeteksi pola-pola dan peluang, menyusun kisah yang memuaskan, dan menggabungkan ide-ide yang tampaknya tidak berhubungan ke dalam suatu penemuan baru, juga high Touch. High Touch mencakup kemampuan untuk memberi empati, memahami seluk beluk interaksi manusia, mendapatkan kesenangan dalam diri seseorang dan memberikannya ke orang lain, dan melewati kehidupan dengan mencari makna. Kedua kemampuan tersebut akan membentuk seorang wirausaha yang handal dengan ide-ide kreatif yang selalu fresh. Tak mengherankan apabila ia “akan mampu menciptakan sektor kreatif, seperti café kebon the Ndoro Donker, GoFood, Golaundry, Festival melupakan ‘mantan’, reality show, musik & lagu  dan sebagainya,” demikian Shelly menutup presentasinya.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube