header-int

Pembukaan Program Studi Magister Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta

27 March 2019
Share Facebook Share

Arus globalisasi di sektor industri saat ini membawa perubahan yang besar pada pengelolaan sumber daya manusia. Era revolusi industri 4.0 berdampak pada perubahan operasi ke arah ekonomi digital, big data, dan internet of thing (IoT). Salah satu dampak yang akan dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah terjadinya perubahan jenis pekerjaan yang masih diperlukan dan pergeseran jenis pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di masa mendatang.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) ingin berkarya bersama pemerintah untuk menyukseskan masyakarat industri Indonesia guna mempersiapkan diri menghadapi era revolusi industri 4.0. Fakultas Teknologi Industri UAJY, dalam hal ini Program Studi Teknik Industri, telah mempersiapkan proses transformasi sumber daya manusia Indonesia saat ini agar mampu bersaing di era persaingan internasional. Pembukaan Program Studi Magister Teknik Industri UAJY bertujuan mengisi kebutuhan masyarakat  industri mendatang yang berkemampuan business analytics. Era big data dalam pengelolaan industri membuat kompleksitas pengelolaan industri meningkat drastis. Hal ini berdampak meningkatnya risiko bagi pengelola industri untuk melakukan kesalahan dalam membuat keputusan manajerial. Kemampuan business analytics sangat diperlukan untuk menjalankan peran manajerial yang ideal dalam proses pengambilan keputusan pada situasi dan lingkungan industri yang semakin kompleks. Lulusan program ini diharapkan mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih efisien dengan profit yang tentu semakin besar.

1

Ketua Program Studi Magister Teknik Industri (MTI UAJY), Dr. Parama Kartika Dewa, ST., MT menyatakan “Pergeseran jumlah dan jenis tenaga kerja di Indonesia sangat dipengaruhi oleh revolusi industri 4.0.  Jenis pekerjaan yang saat ini sangat menjanjikan akan berganti dengan jenis perkerjaan yang baru.” Business analytics merupakan kompetensi yang mutlak harus dimiliki oleh masyarakat yang ingin berhasil di Industri 4.0 ini. Ia juga mengatakan, bahwa banyak perusahaan nasional dan internasional yang memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi business analytics. Metode pengelolaan konvensional saat ini mungkin menjadi tidak relevan lagi diterapkan bila kompleksitas persaingan industri meningkat. “Masyarakat industri saat ini harus segera merespon perubahan ini dengan sebaik-baiknya” tegasnya.

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube