1
header-int

Penerjunan KKN Semester Gasal 2014/2015 UAJY

02 July 2015
Share Facebook Share

Minggu (14/6) UAJY memberangkatkan 53 mahasiswanya ke Ketapang, Kalimantan Barat untuk mengikuti Program KKN Semester Genap TA. 2014/2015. Keberangkatan mahasiswa peserta KKN ini dimulai dengan perjalanan darat dari halaman depan LPPM, Gedung Don Bosco, Jalan Babarsari menuju pelabuhan Semarang. Dari semarang dilanjutkan melalui perjalanan laut selama 36 jam menuju Ketapang dan diperkirakan sampai ke lokasi KKN pada Selasa (16/6) sore.

Dalam sambutannya untuk melepas peserta KKN tersebut Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, SH. LL.M. berpesan kepada mahasiswa, “Di mana pun kita berada, entah itu tinggal sementara, berkunjung, maupun hanya sekedar lewat, maka kita harus selalu luwes/fleksibel beradaptasi dan mengikuti aturan-aturan atau norma-norma yang ada di tempat tersebut. Di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung. Nilai-nilai apapun yang ada di tempat  tersebut harus selalu kita hargai dan kita jaga keharmonisannya dan jangan sampai kedatangan kita dianggap mengganggu ataupun membawa masalah baru.” Secara singkat sering dikatakan dengan peribahasa Jawa, “manjing ajur ajer.”

Jika prinsip tersebut kita pegang teguh maka secara tidak langsung kita telah melakukan langkah antisipatif terhadap hal-hal negatif seperti tanggapan miring orang lain terhadap diri dan lembaga kita. Oleh karena itulah penting bagi kita untuk selalu menyadari hal-hal tersebut  dan mampu menjaga tingkah laku di mana pun kita berada.

Selain Ketapang, Kalimantan Barat, lokasi KKN UAJY ke 67 kali ini masih terdapat 2 lokasi lain bagi mahasiswa, yaitu :

  1. Desa Pagerharjo Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulon Progo yang tersebar di 15 Pedukuhan dengan jumlah anggota masing-masing kelompok 7-11 Peserta KKN Samigaluh ini berjumlah 128 mahasiswa dengan Dosen Pembimbing Lapangan berjujmlah 5 orang.
  2. Kecamatan Kalibawang Kabupaten Kulon Progo yang tersebar di 3 Desa, 58 Pedukuhan dengan jumlah anggota masing-masing kelompok adalah 7-9 mahasiswa dengan jumlah Dosen Pembimbing Lapangan sejumlah 15 orang. Khusus KKN di Desa Banjarsari akan diarahkan menuju KKN Posdaya

Dengan demikian total peserta KKN Semester Genap TA. 2014/2015 saat ini berjumlah 596 mahasiswa yang terdiri atas 361 putera dan 235 puteri.

Melalui kegiatan KKN para mahasiswa diharapkan dapat mewujudkan karya-karya nyata melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni. Hal ini selaras dengan  sikap kepedulian UAJY terhadap masyarakat di sekitarnya khususnya memprioritaskan bagi masyarakat tertinggal. Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) tidak semata-mata bertujuan untuk melakukan modernisasi masyarakat pedesaan, melainkan lebih mengutamakan untuk memberdayakan masyarakat pedesaan sebagai basis pembangunan manusia Indonesia seutuhnya untuk menjadi masyarakat yang mandiri dalam rangka menuju masyarakat madani.(One 21/6)

Untitled-1

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube