1
header-int

Peran Teknologi dalam Mewujudkan Akses Kesehatan yang Mudah Bagi Masyarakat

13 July 2020
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Career Outlook seri kelima dengan tema “How is Technology Changing Healthcare?”. Acara tersebut diselenggarakan secara daring melalui channel Youtube UAJY, Kamis (9/7/2020) dengan mengundang narasumber Emmanuel Vialliresa Susilo, S.T., alumni Prodi Informatika UAJY 2007 yang juga seorang Technology Manager PT. Global Urban Esensial (Dexagroup) dan dimoderatori oleh Dr. Andi Wahju Raharjo Emanuel, BSEE, MSSE, Dosen Informatika Fakultas Teknologi Industri. Webinar kali ini membahas mengenai peran teknologi dalam dunia kesehatan Indonesia.

“Saya akhirnya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya sebelumnya, karena dari dulu saya memiliki cita-cita untuk mengimplementasikan ilmu saya dengan membantu orang banyak. Di bidang farmasi ini saya bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan akses kesehatan yang lebih mandiri dan cepat melalui sebuah aplikasi,” jelas Vialliresa.

EcPPUBfU8AIXcFk

Berangkat dari cita-cita tersebut, pria yang akrab dipanggil Resa ini mulai bekerja di PT. Global Urban Esensial sejak tahun 2015. Kendati demikian, menurutnya health tech bukanlah sesuatu yang dianggap ‘seksi’ oleh kebanyakan orang. Orang-orang masih beranggapan bahwa kesehatan merupakan suatu hal yang sepele.

“Padahal, health tech dapat dijadikan sarana edukasi ketika menuju usia lanjut atau dapat digunakan untuk mengedukasi keluarga mengenai kesehatan,” ujar Resa.

Selain itu, ia juga beranggapan bahwa health tech dapat mengisi gap di masyarakat yang biasanya diisi dengan mitos-mitos seputar kesehatan.

Menurut Resa, teknologi healthcare Indonesia tengah bekerja sama dengan pemerintah untuk kesehatan di Indonesia, dimulai dari kesehatan keluarga dan berfokus pada stunting. Selain daripada kesehatan keluarga, sedang digodok sebuah cara agar BPJS tidak mengalami antrian yang panjang, namun perjalanan menuju arah ini masih jauh. Resa berharap masyarakat Indonesia, pemerintah, dan perusahaan healthcare mempunyai visi dan misi yang sama agar akses kesehatan yang mudah bagi masyarakat Indonesia segera terwujud.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube