header-int

Perjalanan Training Dosen UAJY di Harvard University

06 September 2019
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) patut berbangga atas prestasi yang tak habis-habisnya ditorehkan oleh para dosennya di kancah internasional. Kepulangan R.A. Vita N.P. Astuti, Ph.D dari kegiatan Summer Institute di Harvard University dalam rangkaian Leadership Training sebagai peserta The 2019-2020 United Board Fellows Program (UBFP) kembali membawa kebanggaan. Dosen Magister Ilmu Komunikasi ini juga terpilih untuk mendapat sponsor dari Candy T. Eng Foundation, untuk melaksanakan program tersebut.

Sushardjanti Felasari, ST., MSc.CAED, Ph.D. selaku Wakil Rektor I UAJY pada Jumat, (30/08), menyatakan, “Kami sangat bangga dan berharap sekembalinya dari mengikuti training ini, Bu Vita dapat berbagi dengan seluruh anggota komunitas UAJY untuk mengembangkan kemampuan ini. Hal tersebut sangat memungkinkan untuk terlaksana, dengan program yang sesuai dengan visi dan misi universitas maka akan ditindaklanjuti menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan universitas untuk mampu menjawab permasalahan global di masa depan yang semakin kompleks.”

Kegiatan yang berlangsung selama tiga minggu sejak 7-26 Juli 2019 ini diikuti Vita bersama dengan 19 peserta dari 9 negara lainnya. Vietnam, Filipina, Myanmar, Korea Selatan, China, Taiwan, Hongkong, India dan serta Indonesia menjadi peserta negara Asia yang terpilih.

Vita atau yang kerap disebut Miss Vita ini menjalani aneka ragam kegiatan, antara lain belajar mengenai bagaimana menjalani efektivitas tim, proses fundraising, cara menjadi pemimpin yang otentik, manajemen keuangan, cara mengembangkan dan memajukan institusi termasuk belajar juga tentang manajemen di Harvard University, Online Learning Harvard-X dan tidak lupa untuk pengembangan universitas yang berbasis agama.

Team effectiveness

Semua hal yang dijalani Vita selama tiga minggu dilakukan dengan salah satu cara studi kasus bersama dengan peserta lainnya. Hal tersebut membuktikan bagaimana kualitas pendidikan terlihat melalui sistem Whole Person Education yang diasah selama kegiatan berlangsung.

“Banyak hal baru tentang kepemimpinan yang saya pelajari di program ini. Salah satunya adalah bagaimana menjadi pemimpin yang otentik dan bagaimana melakukan fundraising,” ungkapnya.

Tidak berhenti di sini, Vita akan menjalani program selanjutnya yakni Asian Placement dan Asian Seminar di tahun 2020. Kegiatan Asian Placement di Korea Selatan berlangsung di bulan April-Juni 2020. Di sana Vita akan lebih fokus untuk belajar mengenai internasionalisasi, manajemen lembaga bahasa dan juga melakukan penelitian tentang kajian budaya dan media Korea. Sedangkan Asian Seminar akan berlangsung selama satu minggu di bulan Juni 2020.

Candy T Eng fellow

Kegiatan yang dilakukan Vita kali ini menjadi awal orientasi yang baik bagi UAJY untuk semakin membuktikan partisipasinya di dunia pendidikan internasional. Seperti yang diungkapkan Sushardjanti Felasari, ST., MSc.CAED, Ph.D., bahwa harapannya ke depan supaya tidak hanya dosen tetapi juga tenaga kependidikan dengan memanfaatkan kesempatan seperti itu.

“Selain menambah ilmu yang berguna untuk pengembangan kapasitas personal, kegiatan semacam ini dapat menambah jejaring untuk pengembangan institusi dan mengenalkan UAJY di forum internasional,” tegasnya.

UB Fellows 2019-2020

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube