header-int

Perpustakaan UAJY Berikan Hibah Pustaka untuk “Gardu Pintar” Kepek Gunungkidul

05 June 2018
Share Facebook Share

Di Desa Kepek, Wonosari, Gunungkidul gardu atau ronda tak sekadar berfungsi sebagai sarana menjaga keamanan lingkungan namun juga sebagai jendela ilmu. Gardu di desa tersebut juga berfungsi sebagai perpustakaan dengan sebutan Perpustakaan “Gardu Pintar.”

Letaknya yang strategis di pinggir jalan dengan penataan yang nyaman disertai fasilitas wi-fi dan pelayanan 24 jam membuat Perpustakaan “Gardu Pintar” yang terletak di RT 03 RW 05 Tegalmulyo, Kepek ini siang malam ramai dikunjungi pemustaka.

Uniknya, meski ada petugas jaga, pemustaka diberi kebebasan dalam meminjam buku dengan mengambil dan mencatat sendiri dengan batas waktu pinjam diatur dan ditentukan sendiri pula. Sedangkan di RT 02 RW 05 untuk membaca buku diberikan kebebasan namun untuk peminjaman dan pengembalian dilayani pada setiap Kamis dan Minggu sore.

gardu pintar.3

Ide memberdayakan gardu sebagai perpustakaan dicetuskan oleh Bambang Setyawan, BA selaku Kades Kepek didukung oleh Agung Wibowo, SIP seorang Pustakawan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Gunungkidul. Kepala Perpustakaan “Gardu Pintar” dijabat oleh Sulasto yang juga menjabat sebagai Kadus.

Dalam pegelolaan dan pengembangannya, Perpustakaan “Gardu Pintar” bekerja sama dengan BPAD, Telkomsel, Prodi Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Universitas Negeri Yogyakarta, Perpustakaan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan berbagai instansi dan perguruan tinggi lainnya. Untuk menambah koleksi perpustakaan “Gardu Pintar” pada hari Senin (28/5) Perpustakaan UAJY memberikan Hibah Koleksi Bahan Pustaka dengan menyerahkan 82 eksemplar bahan pustaka. Pada kesempatan ini Prastowo Harso Pamardi, S.H., M.A (Kepala Bagian Pelayanan Teknis Perpustakaan UAJY) didampingi para pustakawan dan staf perpustakaan UAJY menyerahkan koleksi dan mengunjungi “Gardu Pintar” RT 02 dan RT 03.

gardu pintar.4

“Memfungsikan gardu tak sekadar sebagai sarana menjaga keamanan lingkungan namun juga sebagai perpustakaan merupakan kegiatan “penyimpangan positif”,” ujar Bambang.

“Semoga dengan keberadaan Keberadaan “Gardu Pintar” membuat warga desa menjadi semakin pintar,” tambah Agung.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube