header-int

Prodi Ilmu Komunikasi UAJY Terapkan Kurikulum Baru

18 May 2017
Share Facebook Share

YOGYAKARTA – Dalam rangka menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan akan kualitas lulusan di jenjang perguruan tinggi agar mampu bersaing dan menguasai beragam ilmu di bidangnya, Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mulai menerapkan kurikulum baru 2017.

Mulai tahun ajaran semester gasal TA 2017/2018, kurikulum lama yang masih berbasis pada kurikulum KBK (Kurikulum Berbasis Kompetensi)2003 di Prodi Ilmu Komunikasi UAJY akan beralih pada kurikulum 2017 berbasis KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia), sesuai arahan Dirjen Dikti.

“Peserta didik perlu untuk menyesuaikan terhadap perubahan lingkungan dan IPTEKS. Prodi Ilmu Komunikasi UAJY pun ingin membentuk proses pembelajaran yang berbeda dan berciri khas,” ujar Alexander Beny Pramudyanto, Sekretaris Prodi Ilmu Komunikasi UAJY di Auditorium Gedung Teresa (12/5).

Menurut Beny, dasar perubahan kurikulum ini berpedoman pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI). Standar tersebut berada dalam Peraturan Menteri Pendidikan Kebudayaan Nomor 49 tahun 2014. Terdapat empat bagian capaian pembelajaran, yakni sikap dan keterampilan umum yang telah dirumuskan pemerintah. Dalam hal ini UAJY menyesuaikan dalam capaian keterampilan khusus dan pengetahuan.

sosialisasi1

Beberapa perubahan sistem dalam kurikulum itu antara lain mengenai konsep pendidikan, orientasi, waktu penentuan konsentrasi, dan total mata kuliah. Pada kurikulum baru 2017, Jumlah mata kuliah selama delapan semester akan berkurang dibandingkan dengan kurikulum 2003, dari 103 menjadi 72 mata kuliah.

“Kurikulum 2017 memang harus dijalankan dan bukan uji coba. Karenanya semester gasal TA 2017/2018 sudah harus mengikuti (kurikulum baru),” ujarnya.

Perubahan kurikulum 2003 ke 2017 ternyata mendapat respons beragam. Sebagian mahasiswa mendukung kurikulum baru, namun tak sedikit pula yang masih enggan.

“Persoalan konversi mata kuliah sedikit merugikan mahasiswa, karena untuk dua mata kuliah yang digabung akan rugi di mahasiswa yang memang udah ambil keduanya,” ungkap Fitri Utaminingtyas Naibaho.

Sebaliknya, Vincent Michael mendukung penyesuaian kurikulum 2017 ini. Ia mengatakan, mata kuliah prasyarat kini tidak berlaku lagi. Sehingga tidak perlu takut gagal lanjut ke mata kuliah selanjutnya, ketika mata kuliah sebelumnya (prasyarat) tak lolos.

Sosialisasi kurikulum 2017 untuk Prodi Ilmu Komunikasi telah berlangsung sejak 9 Mei 2017 dan berakhir pada 16 Mei 2017, di mana seluruh angkatan dari 2011 sampai dengan 2016 wajib mengikuti sosialisasi ini.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube