header-int

Program Pascasarjana UAJY Gelar Kuliah Umum Jurnalisme Menangkal Hoaks

09 April 2018
Share Facebook Share

Di era Globalisasi di mana sarat akan informasi yang serba cepat seperti sekarang menjadi tantangan tersendiri bagi tiap organisasi maupun Media yang beraktivitas di dalamnya. Penyebaran informasi yang mengarah ke hoaks pun sangat gencar dan meresahkan berbagai kalangan. Dalam menekan kemunculannya berbagai insitusi mulai melakukan berbagai kegiatan yang berguna dalam memberantas penyebaran hoaks.

4

Pada Sabtu (7/4) Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan kegiatan Kuliah Umum, di Ruang III/3 lantai 2 Pascasarjana, Gedung Bonaventura Kampus III, Jalan Babarsari 43, Yogyakarta. Pada seminar ini tema yang diangkat adalah “Jurnalisme Menangkal Hoaks”. Kuliah dimulai pada pukul 10.00 dan dihadiri oleh sekitar 40 peserta, berasal dari berbagai kalangan baik dosen, mahasiswa pascarajana maupun mahasiswa S1.

Narasumber dalam acara ini adalah Sutta Dharmasaputra yang merupakan Wakil Direktur Harian Kompas. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Program Studi Magister Ilmu Komunikasi, Dr. Lukas S. Ispandriarno, M.A. Sutta Dharmasaputra membuka sesi dengan memaparkan perjalanan industri media dan bagaimana persoalannya berjuang dalam penyebaran informasi yang berkualitas.

1

Sutta menjelaskan bahwa para ahli ilmu komunikasi di era sekarang harus lebih banyak mencari dan melakukan eksperimen dalam melihat seberapa penting jurnalisme itu sebenarnya. Koran sebagai media cetak dikatakan masih mempunyai peran yang sangat besar meski perkembangan digital memang tidak bisa dihindari. Keahlian wartawan yang bergelut di industri media pun dituntut lebih dibanding sebelumnya.

3

Ketidaktahuan serta kurangnya pemahaman masyarakat tentang asal-usul suatu menjadi tugas yang harus dibenahi. Dipaparkan bahwa berbagai usaha dilakukan untuk menghadapi revolusi komunikasi khususnya fungsi media sebagai penegakan hukum.

“Cara paling mudah adalah membuat suasana lebih damai contohnya dengan tidak langsung menyebar informasi tanpa mencari dulu kebenarannya, jika terjadi konflik maka yang akan menanggung kerugian kita sendiri,” jelas Sutta.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube