header-int

Program Studi S2 Informatika UAJY Gelar Webinar Series “Toward Digital Society in Higher Education”

14 May 2020
Share Facebook Share

Program Studi S2 Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY0 bersama dengan ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Komunikasi) dan APTIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer) mengadakan Webinar Series dengan tema “Toward Digital Society in Higher Education”, Selasa (12/05/2020). Webinar dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom yang dihadiri oleh lebih dari 20 peserta yang mencakup dosen dan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Webinar ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui fenomena perubahan perilaku masyarakat Indonesia yang “going digital” serta untuk memahami bagaimana fenomena masyarakat digital di Indonesia pasca pandemi ­Covid-19.

Acara diawali dengan sambutan oleh moderator yaitu Dr. Fajar Junaedi, S.Sos., M.Si. selaku dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Webinar kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari tiga narasumber yaitu Prof. Djoko Budiyanto Setyohadi, Ph.D. selaku dosen Program Studi Informatika Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Dr. Muhamad Sulhan, M.Si. selaku Ketua Umum ASPIKOM, serta Dr. Agung Prabowo selaku Ketua Departemen Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Publikasi ASPIKOM.

“Sebuah masyarakat modern itu akan mengadopsi dan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi di berbagai kegiatannya. Hal tersebut dikaitkan dengan karakter konsumsi media di beberapa generasi,” jelas Djoko.

WhatsApp Image 2020-05-14 at 08.13.42

Menurut Dr. Muhamad Sulhan, M.Si. terdapat digitalisasi dalam pengajaran di pendidikan tinggi pasca Covid-19. “Bahwa pandemi Covid-19 membuat digitalisasi pendidikan tinggi menjadi transformatif dan akseleratif melebihi prediksi evolutif 4.0,” tambahnya.

Diskusi materi diakhiri dengan penyampaian terakhir dari Dr. Agung Prabowo, M.Si. Ia menjelaskan tentang penggunaan media pada beberapa generasi seperti Gen X (38 – 56 tahun), Millenial (24 – 37 tahun), dan Gen Z (16 – 23 tahun), bahkan pada generasi baby boomer.

“Terdapat perbedaan bahasa dan perilaku mahasiswa dan dosen saat ini. Hal itu disebabkan karena generasi sekarang lahir dihadapkan dengan teknologi berbeda dengan dosen yang sudah melalui budaya dan teknologi dari dulu sampai sekarang,” jelas Agung.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube