header-int

Ratusan Mahasiswa UAJY Antusias Urus Surat Pindah Pemilih

14 February 2019
Share Facebook Share

Menjelang pesta demokasi pada bulan April 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menyambangi kampus-kampus di Yogyakarta. Tanggal 11-12 Februari lalu, UAJY mendapat kesempatan untuk memperoleh layanan sosialisasi dan pengurusan formulir pindah memilih.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memfasilitasi para mahasiswa dari luar DIY untuk dapat menyalurkan hak pilihnya dan menekan angka golput pada generasi milenial.

Syarat dan prosedur yang dilakukan cukup mudah dengan memastikan nama pemilih terdaftar DPT, membawa fotocopy KTP dan KK kemudian mengisi formulir A5.

Lima corner KPU di UAJY ramai disambagi mahasiswa. Hingga hari terakhir pengurusan pindah memilih di UAJY (12/2) tercatat lebih dari 470 mahasiswa mengurus surat A5.

Monica Galuh, mahasiswa UAJY asal Blitar mengaku sangat terbantu dengan adanya corner KPU karena sangat memfasilitasi mahasiswa rantau yang tidak bias kembali ke daerah asal saat pemilu April nanti. Penyaluran hak pilih menjadi lebih mudah dengan dialihkannya para mahasiswa ke TPS-TPS di Jogja ini.

“Mengurus surat A5 ini gampang banget, persyaratannya nggak ribet, dan sangat membantu kami mahasiswa dari luar daerah biar bias tetep nyoblos meski nggak pulang, biar nggak golput juga,” jelas Monic.

Salah satu petugas KPU di stand Kampus 2 UAJY mengaku antusiasme mahasiswa UAJY sangat tinggi. “Stand kami tidak pernah sepi sejak pagi dibuka hingga akan ditutup, surat A5 yang kami bawa hampir tidak cukup untuk mahasiswa,” jelasnya.

Tidak hanya membuka stand, KPU DIY juga menggelar talkshow “Pentingnya Pemilu bagi Pemilih Pemula dan Sosialisasi Formulir A5” di Auditorium Gedung Thomas Aquinas (12/2). Talkshow ini menghadirkan Hamdan Kurniawan, SIP, MA. selaku Ketua KPU DIY dan Surya Adi Pramana, M.Si selaku Kepala Pusat Studi HAM dan Demokrasi UAJY. Acara ini sekaligus menutup rangkaian KPU goes to campus UAJY.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube