header-int

Sambut Dies Natalis ke-54, UAJY Adakan Lomba Jemparingan

16 September 2019
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar lomba Jemparingan atau Panahan Tradisional yang diadakan di Lapangan Panahan Kampus II Gedung Santo Thomas Aquinas UAJY (15/09/2019). Perlombaan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-54 UAJY.

Pupung Arifin, M.Si, selaku Wakil Rektor III UAJY menghadiri sekaligus membuka perlombaan panahan tradisional ini.

“Selamat datang dan selamat bertanding untuk para peserta, dan tak lupa selamat dan sukses kepada panitia yang telah menyelenggarakan perlombaan ini,” ujar Pupung dalam sambutannya.

IMG_9640

Perlombaan yang rutin digelar setiap tahun ini selalu menarik banyak peserta. Peserta perlombaan panahan tradisional ini terdiri dari 216 peserta yang berasal dari wilayah Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

“Kalau tidak dibatasi, pesertanya bisa membeludak,” ujar Andreas Wisnu, Ketua Panitia lomba Jemparingan.

Lomba Jemparingan ini memiliki keunikan tersendiri di mana para pesertanya diwajibkan untuk menggunakan pakaian tradisional khas Jawa dan harus memanah sambil duduk bersila. Setiap pemanah dibekali dengan 4 anak panah untuk satu kali tembakan, atau disebut juga sebagai 1 Rambahan. Dan dalam lomba ini, para peserta harus melakukan 80 kali tembakan atau sebanyak 20 rambahan.

“Terima kasih atas atensi yang luar biasa untuk mengikuti lomba panahan tradisional ini yang merupakan salah satu budaya Jawa yang harus dilestarikan,” ujar Pupung.

IMG_9660

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube