1
header-int

SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (SENTIKA) 2014

17 March 2014
Share Facebook Share

Program studi Teknik Informatika dan Magister Teknik Informatika,  Universitas Atma Jaya Yogyakarta bersama-sama menggelar Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA) pada hari Sabtu (15/3/2014) di Auditorium Kampus Bonaventura. Seminar SENTIKA dengan topik “Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Membangun Masyarakat Kreatif dan Inovatif” ini merupakan event tahunan, dan saat ini telah memasuki penyelenggaraan yang ketiga kalinya. Sebagai keynote Speaker adalah Prof. Richardus Eko Indrajit. Rencananya, bersamaan dengan Ulang tahun UAJY emas (ke 50) pada tahun 2015 nanti akan diselenggarakan pula SENTIKA dalam taraf internasional.

Dalam sambutan tertulisnya, Rektor UAJY, Dr. R. Maryatmo, MA  mengatakan bahwa SENTIKA merupakan ekspresi terhadap keunggulan UAJY di bidang akademik, sekaligus menjadi ekspresi kepedulian kita kepada mereka yang membutuhkan dan haus akan perkembangan ilmu pengetahuan, serta membuka diri seluas-luasnya  terhadap semua golongan masyarakat yang majemuk. “Kemajuan teknologi tanpa dibarengi semangat berbagi akan berujung pada kesenjangan ekonomi dan kemandegan kemajuan bersama” pungkasnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Teknologi Industri dalam pidato pembukaannya mengingatkan kembali akan pepatah, “apabila ingin menguasai dunia, kuasailah teknologi informasi.” Ungkapan tersebut sangatlah tepat di dalam era digital saat ini, di mana teknologi informasi telah menjadi denyut nadi seluruh aspek kehidupan masyarakat, sehingga performansi setiap sistem dalam kehidupan sangatlah bergantung kepada teknologi informasi. Pemanfaatan e-Commerce, e-Government, e-KTP, e-Banking, e-Learning, e-Ticketing, Mobile Application, dan lain sebagainya menjadi bukti tak terbantahkan akan kebenaran ungkapan tersebut.

Sebagai keynote Speaker, Prof. Richardus Eko Indrajit mengupas persoalan-persoalan tentang semakin tergantungnya dunia yang telah berubah menjadi global village ini terhadap teknologi, terutama green technology. Akan tetapi beliau menegaskan adanya beberapa faktor penghambat kemajuan teknologi yang harus segera dicarikan solusinya. Faktor-faktor tersebut meliputi : 1) problem of choices and variations; 2) problem of complexity; 3) problem of interoperability; 4) problem of compatibleness; 5) problem of costs and recources; 6) problem of change and enhancement; 7) problem of integrity and robustness; 8) problem of quality, trust, and compliance; 9) problem of security and convenience. Mengakhiri pemaparannya, beliau amat yakin bahwa peluang untuk menjadi pioneer dalam teknologi di Indonesia masih amat terbuka lebar, tinggal bagaimana kita memenfaatkan kesempatan tersebut secara jeli. (awan 15/3/2014)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube