1
header-int

Studi Banding tentang Media, UAJY Kirim Mahasiswa Ke Jerman

12 May 2015
Share Facebook Share

Perkembangan media massa yang cepat dengan teknologi yang menunjang profesi jurnalistik merupakan salah satu fenomena komunikasi yang perlu dipelajari terus menerus. Salah satu cara untuk memahami perkembangan media massa adalah dengan melakukan perbandingan dengan Negara lain. Studi banding tentang media massa ini dilakukan oleh Fakultas Ilmu Komunikasi dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya. UAJY mengirim 8 mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi ke Universitas Teknologi Ilmenau Jerman untuk mempelajari tentang media industri di Jerman selama 2 minggu, dari tanggal 27 April hingga 8 Mei 2015.

“Kegiatan ini adalah pertama kalinya kami mengirim mahasiswa UAJY ke Ilmenau sejak kerjasama dengan Universitas Ilmenau selama 10 tahun. Ilmenau sendiri sudah berkali-kali mengirim mahasiswa ke sini. Sekarang kunjungan mereka sudah berbalas,” ungkap Dr. MC Ninik Sri Rejeki M. Si, dekan FISIP UAJY Senin (11/5). Program kerjasama tersebut bertujuan meningkatkan kompetensi internasional mahasiswa, membuka wawasan mahasiswa mengenai industri media di Jerman, serta membuka kesempatan magang bagi mahasiswa di Jerman.

Kedelapan mahasiswa FISIP tersebut mendapat kuliah yang intensif oleh dosen di Ilmenau mengenai Manajemen Media Massa serta Hubungan Media dan PR. Mereka juga melakukan kunjungan dan wawancara kepada praktisi di Kantor Media Erfurt, serta Museum Komunikasi di Berlin. Acara diakhiri dengan jamuan makan di Berlin bersama dengan Duta Besar Jerman, Fauzi Bowo.

“Saya memang berniat untuk magang di Jerman ini. Dengan studi banding ini, saya bisa membuka network saya untuk magang di Kantor Berita Erfurt,” ujar Agnes Ullina Pangestu, salah seorang mahasiswa Ilmu Komunikasi yang ikut dalam studi banding. Sementara itu, Aditya, mahasiswa UAJY yang tertarik di bidang broadcasting menyebutkan temuannya. “Ternyata memang teknologi di Jerman sangat menunjang media dari sisi broadcasting, hingga jurnalistik untuk digital media. Alat-alatnya sangat canggih dan mengikuti teknologi terbaru. Tetapi yang paling penting, mereka tetap menyimpan alat-alat broadcast yang tua dan tidak dipakai lagi di Museum dengan baik sebagai bagian dari sejarah,” ujarnya bersemangat.

21

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube