header-int

Teknik Arsitektur UAJY dan Komunitas Indonesia’s Sketcher Jogja Gelar Sinau Sesarengan

28 January 2019
Share Facebook Share

Komunitas Indonesia’s Sketcher Jogja bekerja sama dengan Laboratorium Perencanaan dan Perancangan Bangunan Arsitektural (Lab. PPBA) Prodi Teknik Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Sinau Sesarengan Sketsa Cat Air. Sinau Sesarengan ini terbuka untuk umum dan diadakan pada Sabtu (26/1/2019) bertempat di Ruang 2407 Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY. Peserta yang turut berpartisipasi bukan hanya mahasiswa UAJY saja tetapi juga mahasiswa di luar kampus seperti UNY, bahkan peserta dari warga negara asing juga turut mengikuti kegiatan ini.

Sinau Sesarengan mempunyai arti Belajar Bersama di mana aktivitas ini sama seperti workshop pada umumnya. Tujuan dari workshop ini ialah memperkenalkan bagaimana teknik-teknik pengelolaan cat air yang baik pada sketsa yang dimiliki. Narasumber dalam acara ini yaitu Agustinus Madyana Putra, ST.,MT selaku Dosen Prodi Teknik Arsitektur UAJY.

arsitek 01

Agustinus mengajarkan bagaimana menggunakan cat air pada sketsa malam hari. “Sedikit sulit dalam menggunakan cat air karena kita harus sangat memperhatikan jenis kertas, cat air, dan kuas yang akan kita gunakan. Tingkat kelembapan juga sangat mempengaruhi hasil akhir,” jelasnya

Peserta diberikan kesempatan untuk menggambar sketsa stasiun sesuai tahap-tahap yang sudah diberikan dengan peralatan seperti kertas dan foto stasiun yang sudah disiapkan di meja masing-masing peserta.

“Sketsa itu kami dapatkan dari imajinasi sendiri, apa yang kami lihat dan interaksi dengan orang-orang sekitar itu yang akan kami ceritakan dalam sketsa. Saya berharap dengan diadakannya workshop ini, kemampuan teman-teman akan bertambah terkhusus bagaimana teknik pengelolaan cat air pada sketsa yang kita buat, karena tidak semua peserta yang hadir sudah mahir mnggunakan cat air, maka dari itu kami menyediakan sarana agar dapat belajar bersama. Selain itu, kita bisa sharing mengenai ilmu-ilmu pengelolaan cat air yang sudah didapatkan oleh beberapa peserta,” ungkap Yusup Rendy selaku Koordinator Komunitas Indonesia’s Sketcher Jogja yang juga merupakan salah satu alumni Mahasiswa Prodi Teknik Arsitektur UAJY.

arsitek 08

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube