header-int

Towards the ASEAN Social and Cultural Community

18 September 2014
Share Facebook Share

Dalam rangka Dies Natalis yang ke-23, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY) menyelenggarakan International Diplomacy Colloquium (IDC) 2014 dengan thema, “Towards the ASEAN Social and Cultural Community – Community Building Towards ASEAN Community”,  pada Rabu, 17 September 2014. Acara seminar diselenggarakan di Student Lounge Kampus II Thomas Aquinas, Jl. Babarsari 44 Yogyakarta. Sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Ing. Ir. Ahmad Munawar, M.Sc., Pakar Transportasi UGM, Michael Hoffman (Press and Culture Attache of German Embassy), Jakarta, Dr. M. Antonius Birowo, MA., Ph.D. dosen FISIP UAJY. Sementara itu, Y. Widodo, S.Sos., M.Sc., dosen FISIP UAJY bertindak sebagai moderator.

Menurut Ketua Panitia, Brigitta Puspita, tujuan diselenggarakannya event ini adalah untuk mempersiapkan diri menuju ASEAN Community 2015. Selanjutnya, Indonesia bisa belajar dari Negara-negara Eropa dari berbagai aspek seperti politik, budaya, dan ekonomi sehingga bisa membangun komunitas di wilayahnya sendiri. Untuk itulah lahir kehendak untuk menjadikan event ini menjadi event tahunan.

Dalam pemaparannya, Prof. Ahmad menegaskan bahwa guna merangsang animo masyarakat menggunakan transportasi publik adalah dengan cara sistem tiket, karena di samping efektif, sistem tiket juga dipandang lebih menguntungkan masyarakat umum. Sistem tiket ini juga dipakai di Negara Jerman, di mana sistem tiket di sana menggunakan sistem berkala seperti mingguan, bulanan, dan tahunan. Dengan sistem ini, masyarakat akan mendapat diskon tertentu ketika menggunakan layanan publik. Sebenarnya sistem ini bisa mulai diterapkan terhadap sarana transportasi yang sudah ada di kota Yogyakarta, misalnya Transjogja.

Menurut Michael Hoffman, Press and Culture Attache of German Embassy, Indonesia merupakan mitra yang penting baik dalam konteks regional maupun global pada tataran G20, pada permasalahan ekonomi dan keuangan atau pada apa yang disebut sebagai Conference Parties dalam upaya perlindungan iklim dan biodiversitas. Oleh karena itu maka Indonesia dan Jerman melakukan kerja sama yang erat terutama dalam bidang energi terbarukan dan kehutanan. Tujuan sentral lain dari Kerja Sama Pembangunan Jerman dalam konteks sasaran pembangunan milenium adalah peningkatan pertumbuhan ekonomi yang secara sosial seimbang. Oleh karena itu, tegas Hoffman, “Kontribusi Jerman di Indonesia difokuskan pada peningkatan sektor ekonomi swasta dan pendidikan kerja/pasar kerja. Dalam hal ini yang dikedepankan adalah pengembangan perusahaan kecil dan menengah.”(One 18/9)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube