header-int

UAJY Adakan Syawalan Bersama Warga dan Relasi

09 July 2018
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) bersama komunitas FORKOMI (Forum Komunikasi Mahasiswa Islam) mengadakan syawalan bersama para warga di sekitaran Kampus Babarsari dan Mrican. Acara tahunan yang rutin diadakan setelah Idul Fitri ini diselenggarakan di Lobby Kampus III Gedung Bonaventura UAJY, Sabtu (7/7). Syawalan ini dihadiri oleh Rektorat, Kepala Unit, karyawan UAJY, mahasiswa yang tergabung dalam FORKOMI, serta warga dari Kledokan, Tambakbayan dan Mrican. Acara yang turut diorganisir oleh Kantor Humas, Sekretariat, dan Protokol (KHSP) ini mengambil tema “Mempererat Tali Silaturahmi dan Kekeluargaan”.

1

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibawakan oleh mahasiswa FORKOMI. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M.

“Meskipun UAJY sering disebut sebagai Universitas Katolik, namun UAJY memiliki berbagai komunitas forum keagamaan yang berbagai macam. Tidak hanya Kristen dan Katolik, namun juga Islam, Budha, Hindu, bahkan Konghucu,” jelas Nurhartanto dalam sambutannya.

“Syawalan bukan hanya milik saudara kita yang beragama Muslim saja, melainkan syawalan adalah budaya Indonesia yang sudah ada sejak dahulu kala. Adalah baiknya bila kita terus melestarikannya bersama saudara-saudara kita sebangsa setanah air,” Nurhartanto menambahkan.

3

Perwakilan Dukuh Tambakbayan, Budi Santoso dalam sambutannya juga berharap, “Semoga Padukuhan Tambakbayan dan seluruh jajaran UAJY dapat terus berhubungan baik dan erat satu sama lain.”

Dalam syawalan tersebut juga diisi dengan siraman rohani dari Ustadz Hartoko. Menurutnya ada 4 unsur dalam istilah Lebar, Lebur, Luber, dan Labur. ‘Lebar’ adalah lebaran ketika kita saling bermaafan setelah berpuasa selama 30 hari lamanya, kemudian ‘Lebur’ adalah istilah ketika kita dimaafkan, baik sesama maupun dari Tuhan langsung. Lalu ‘Luber’ yang adalah pahala yang datang secara melimpah. Terakhir ‘Labur’ yang artinya seperti anak baru lahir, yaitu bersih kembali.

Inti dari siraman rohani Ustadz Hartoko yaitu perlunya kita satu sama lain antar warga masyarakat untuk saling bermaafan agar keempat unsur proses di atas dapat dilaksanakan. Acara syawalan diakhiri dengan bersalam-salaman dan ramah tamah dengan warga.

4

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube