header-int

UAJY Cegah Penyebaran COVID-19

10 March 2020
Share Facebook Share

Sehubungan dengan semakin meluasnya virus corona (COVID-19) di Indonesia yang mulai merebak pada tahun 2019, maka Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19) dengan mengeluarkan surat edaran tentang Kewaspadaan Dini Terkait COVID-19 (versi bahasa Indonesia dan bahasa Inggris). Melalui Surat Edaran Nomor: 65/In/R, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D. selaku Rektor UAJY mengimbau seluruh sivitas akademika UAJY untuk menangguhkan perjalanan ke luar negeri, terutama di negara-negara terdampak COVID-19.

Surat Edaran UAJY terkait Kewaspadaan Dini Terkait COVID-19 berisikan delapan poin utama. Selain mengimbau penangguhan perjalanan ke luar negeri, di dalamnya juga disampaikan imbauan pada sivitas UAJY yang baru saja melakukan perjalanan ke luar negeri terutama China, Korea Selatan, Italia, Iran, Jepang, Prancis, Jerman, Singapura, dan Hongkong diharapkan membatasi interaksi dengan sivitas UAJY lainnya dan tetap tinggal di rumah selama 14 hari sejak kepulangannya ke Indonesia.

WhatsApp Image 2020-04-06 at 16.01.25

Sivitas UAJY juga diminta untuk melakukan perilaku hidup sehat dengan lebih sering mencuci tangan menggunakan sabun dan air, mengonsumsi makanan sehat agar lebih meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, sivitas akademika diminta untuk melindungi diri dari lingkungan dengan memakai masker dan mengurangi aktivitas di keramaian.

Imbauan berikutnya sivitas UAJY diminta agar tidak panik serta selalu berpegangan dan merujuk pada Buku Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Corona Virus Disease (COVID19) yang diterbitkan Kemenkes RI dan memantau perkembangan informasi mengenai COVID19.

WhatsApp Image 2020-04-06 at 16.01.27

Selain itu UAJY juga sudah menginformasikan tenaga pendidik terkait fitur verifikasi baru dari SPKP sehingga dosen dan mahasiswa tidak perlu melakukan presensi melalui fingerprint dan menginformasikan tenaga kependidikan untuk mengganti penggunaan mesin fingerprint untuk presensi dengan kartu RFID. Selanjutnya UAJY memberikan surat imbauan kepada seluruh dosen yang sedang berada di luar negeri dan memberikan surat imbauan terkait program pertukaran mahasiswa (pemantauan mahasiswa UAJY di luar negeri maupun mahasiswa asing yang studi di UAJY), pelaksanaan program kerjasama, dan aktivitas kemahasiswaan dalam lingkup internasional. Beberapa hari lalu UAJY juga sudah mulai membagikan Antiseptic Gel kepada seluruh unit sejumlah minimal 2 botol @500ml untuk masing-masing unit dan juga ditempatkan di setiap lantai masing-masing kampus UAJY.

Senin, 16 Maret 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta mulai mengaktifkan proses pemeriksaan suhu tubuh bagi setiap orang yang memasuki area kampus UAJY dalam rangka upaya pencegahan penyebaran COVID-19. Adapun beberapa titik lokasi di setiap kampus UAJY yang dipilih untuk pemeriksaan suhu tubuh.

WhatsApp Image 2020-04-06 at 16.45.54

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube