header-int

UAJY dan APTIK Gelar PPM “Student Camp Mangun Karsa” 2019

09 September 2019
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) “Student Camp Mangun Karsa” dalam rangkaian Dies Natalis ke-54 UAJY, bertempat di Padukuhan Karang, Grigak, Gunungkidul, Yogyakarta. PPM diadakan mulai 2-6 September 2019, diikuti oleh 13 Universitas yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik (APTIK) antara lain Universitas Parahyangan, Universitas Atma Jaya Makassar, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Stella Maris Makassar, Unika De La Salle Manado dan Universitas Katolik Widya Mandira Kupang.

Kegiatan PPM ini melibatkan 59 mahasiswa, 4 dosen pendamping, 6 asisten lapangan dan 10 tim pelaksana. Sebagai tuan rumah, kegiatan ini dibuka dan ditutup langsung oleh Rektor UAJY Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D.

“Tujuan kegiatan ini tentu untuk memperluas jangkauan pengabdian kita semua sebagai Perguruan Tinggi Katolik se-Indonesia, jaringan mahasiswa kita yang juga semakin luas. Harapannya pengabdian ini akan membawa dampak bagi masyarakat Grigak, Gunungkidul, untuk dapat digunakan berkelanjutan,” ujarnya Rektor UAJY dalam sambutannya.

IMG_5763

Beberapa kegiatan diberikan mahasiswa selama satu minggu berada di Padukuhan Grigak, Gunung Kidul. Kegiatan yang dilakukan antara lain kerja bakti dan pembersihan Eco Camp Mangun Karsa, pelatihan bertanam dengan sistem hidroponik, pelatihan pelaporan keuangan dengan program aplikasi akuntansi, penyuluhan bahaya narkoba, penyuluhan menggunakan media sosial secara sehat dan bimbingan belajar Matematika dan Bahasa Inggris. Bagi mereka, ini merupakan pengalaman berharga yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya.

“Kami belum pernah menginjakkan kaki di Yogyakarta, sekalinya diberi kesempatan, kami bisa menetap selama seminggu untuk mengabdi di sini ketika orang lain mungkin hanya tiga sampai empat hari untuk berlibur,” ujar Gracia, salah satu mahasiswa dari Universitas Parahyangan Bandung.

IMG_5777

Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan kawasan Eco Camp menjadi sarana edukasi dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Ke depannya masih akan berlangsung program penyediaan air bersih yang masih dalam proses rencana penataan lokasi dan diikuti lomba pembuatan kolam ikan untuk pengembangan wilayah serta peningkatan pendapatan masyarakat.

“Kehadiran PPM APTIK ini kami rasa sangat bermanfaat bagi kami untuk sekarang hingga ke depannya. Banyak kontribusi dan perhatian yang diberikan untuk kami di sini, sehingga banyak hal yang dapat kami gunakan untuk di kemudian hari,” ujar Kepala Dusun Grigak, Gunung Kidul.

 

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube