1
header-int

UAJY dan Unsoed Gelar Kelas Online dengan Kampus Kompas TV

30 June 2021
Share Facebook Share

Kampus Kompas TV bekerjasama dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan Universitas Jenderal Soedirman mengadakan Kelas Online Santai (KOSAN) yang bertajuk “Proses Dibalik Konten Kreatif” pada (29/06/2021). Acara yang diselenggarakan secara daring via zoom ini menghadirkan dua orang pembicara yaitu Abdur Rahim sebagai Content Creator Kompas TV dan Ridwan Remin sebagai Stand Up Comedian.

Abdur Rahim menyampaikan bahwa “Digital is the Future” karena bisnis media cetak sejak beberapa tahun terakhir berubah mengikuti tren teknologi digital. Sosial media kini menjadi pangsa pasar bagi perusahaan untuk mengembangkan bisnis.

Beragam platform seperti Instagram, TikTok, Facebook, YouTube dan Twitter bisa menjadi wadah bagi para content creator untuk membuat suatu konten. Namun, perlu diingat bahwa kode etik jurnalistik harus dipatuhi selama membuat konten.

“Tidak ada aturan baku dalam kreativitas,” ujar Abdur.

WhatsApp Image 2021-06-29 at 15.53.34

Tahapan pertama dalam proses produksi konten yaitu riset dengan cara mencari materi yang sedang trending di media sosial serta memahami kekuatan cerita. Kedua hal tersebut bisa menjadi tips dalam membuat konten yang menarik. Tahapan selanjutnya dilanjutkan dengan menentukan angle, eksekusi, editing, preview, dan terakhir publikasi. Hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan publikasi adalah dengan memperhatikan judul, keyword, hashtag, dan thumbnail.

“Be creative, be out of the box, be consistent, ini tiga kunci sukses dalam menjadi content creator, tegas Abdur.

Pada kelas online tersebut, Ridwan Remin, menceritakan proses dibalik konten kreatif berdasarkan pengalaman yang dimilikinya selama ini. Terdapat dua tips yang diberikan sebagai content creator yaitu mencari tahu konten yang cocok dengan pribadi masing-masing seperti apa sesuai dengan personality yang dimiliki serta harus tahu apa tujuan dari content creator dalam membuat konten tersebut.

WhatsApp Image 2021-06-29 at 15.53.33

Tujuan pribadi dari Ridwan sebagai content creator adalah untuk belajar. Ridwan banyak belajar mengenai hal baru melalui produksi konten yang ia miliki di akun YouTube pribadinya. Menurutnya terdapat empat tahap dalam memulai menjadi content creator yaitu kenali minat dan potensi, eksplorasi diri, berproses, dan berprogres.

“Bikin dulu, bikin lagi, bikin terus! Kalau hasilnya jelek, bikin terus sampai bagus. Kalau gak ada yang liat, bikin terus sampai ada yang merhatiin. Kalau gak diapresiasi, bikin terus sampai diakui,” ungkapnya.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube