1
header-int

UAJY Gelar Closing Ceremony Pelepasan Peserta PMM DN-DIKTI

14 January 2022
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Closing Ceremony Mahasiswa Inbound Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM DN – DIKTI) Tahun 2021 pada Kamis (13/01/2022) di Auditorium Kampus II Gedung Thomas Aquinas UAJY.

Closing Ceremony ini diadakan sebagai tanda perpisahan untuk melepas para Mahasiswa Inbound ke tempat asalnya masing-masing setelah melakukan kegiatan PMM DN selama kurang lebih 2 bulan. Acara ini dihadiri oleh Sushardjanti Felasari, S.T., MSc.CAED, Ph.D. (Wakil Rektor I), Dr. Eng. The Jin Ai, S.T., M.T. (Wakil Rektor II), Pupung Arifin, S.Sos., M.Si. (Wakil Rektor III), Dekan dan Wakil Dekan dari masing-masing fakultas, segenap Kepala Unit, serta peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (PMM-MBKM).

WhatsApp Image 2022-01-14 at 09.47.30 (1)

“Kami UAJY memiliki nilai unggul, inklusif, humanis, dan berintegritas, tentunya adanya PMM DN ini membuat kami senang karena dapat menerapkan nilai-nilai itu dalam program ini. Kami juga sangat mendukung program PMM DN ini dan bisa mendapatkan wahana untuk merealisasi nilai-nilai tersebut,” ujar Pupung.

Program ini dibimbing oleh dua dosen yaitu Pupung Arifin, S.Sos., M.Si dan Dra. L. Indah Murwani Yulianti. Salah satu kegiatan PMM-DN yaitu ‘Modul Nusantara’ mengenalkan kepada para peserta tentang keanekaragaman budaya Indonesia terutama di Kota Yogyakarta. Para mahasiswa diajak untuk mengunjungi Candi Borobudur, Prambanan, Museum serta mengikuti workshop membatik dan jemparingan (panahan tradisional).

“Perpisahan ini bukanlah sebuah akhir dari segalanya karena ia berharap agar seluruh peserta bisa kembali ke Jogja di lain hari,” ujar Indah.

Selanjutnya, ketiga mahasiswa peserta dari program PMM DN ini memberikan kesan-kesan selama mengikuti kegiatan dengan sharing pengalaman, serta menyampaikan salam perpisahan dan ucapan terima kasih karena bisa mendapatkan banyak sekali hal baru.

“Kesan saya pada program PMM DN ini adalah kegiatan ‘Modul Nusantara’. Program ini selamanya tidak akan pernah terlupakan karena ini adalah pertama kalinya saya jauh dari orang tua, dan impian saya untuk keluar dan menginjak pulau Jawa yaitu Jogja. Saya juga mempunyai pesan untuk teman-teman sebenarnya kita tidak berpisah untuk selamanya, tetapi kita masih bisa melanjutkan historis dan tetap menjaga komunikasi kita semua, dan semoga bisa dipertemukan di lain waktu,” ujar Eka Asih Januasih dari Universitas Teknokrat Indonesia.

Vincent Kolin dari Universitas Sumatera Utara juga memberikan kesan yang baik untuk program PMM-DN ini.

“UAJY merupakan kampus yang sangat baik dan memiliki dosen yang tulus membimbing mahasiswanya dengan memberikan ilmu-ilmu dan perhatian mereka. Dari sini kawan-kawan bisa mulai dengan hal baru, mulai melakukan apa yang tidak bisa dilakukan, dan mulai menggapai mimpi yang mungkin ingin dicapai,” ujar Vincent Kolin

Maulyana dari Universitas Teknorat Indonesia juga menceritakan pengalaman unik yang menarik saat melakukan kegiatan program PMM DN ini.

“Candi Borobudur dan Candi Prambanan tidak hanya bebatuan, tetapi memiliki filosofi dan makna yang menjadi sebuah akulturasi dari agama Hindu dan Buddha. Saya juga melakukan kegiatan ‘Jemparingan’ dimana ternyata itu simbol untuk memanah hawa nafsu dalam diri kita sendiri. Saya juga mencoba makanan baru yaitu soto dengan kuah yang dicampur dengan susu,” ujar Maulyana.

Acara ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada peserta PMM-DN dan foto bersama. Diharapkan program ini dapat memberikan ilmu, pengalaman dan persahabatan yang baik antar mahasiswa pertukaran.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2022 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube