1
header-int

UAJY Gelar Kuliah Pembuka bersama Angkie Yudistia

27 August 2020
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mengadakan Kuliah Pembuka (Inaugural Lecture) Semester Gasal TA. 2020/2021 melalui live streaming kanal Youtube UAJY, Senin (24/08/2020). Kuliah pembuka ini mengundang pembicara Angkie Yudistia, Staf Khusus Presiden Gugus Inovasi, Juru Bicara Presiden Bidang Sosial.

Kuliah Pembuka bertajuk “Online Learning In Harmony And Diversity: Opportunity And Challenges” bertujuan untuk memberikan pemahaman dan gambaran kepada mahasiswa mengenai tantangan dan peluang aktivitas secara daring khususnya aspek pembelajaran yang juga terkait berbagai kondisi dan isu terkini.

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D dalam kesempatan tersebut juga memberikan sambutan kepada mahasiswa baru UAJY.

“Selamat datang, khususnya kepada mahasiswa baru, dari berbagai program studi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Selamat bergabung di kampus tercinta,” ujar Yoyong.

Angkie Yudistia dalam kuliah pembuka tersebut memberikan materi mengenai Arahan Presiden untuk Pembangunan Sumber Daya Manusia Unggul: Transformasi Digital Pendidikan. Strategi pembangunan SDM Menuju Indonesia Maju tersebut diantaranya dengan layanan dasar dan perlindungan sosial, produktivitas dan pembangunan karakter.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, percepatan transformasi digital di bidang pendidikan merupakan sebuah keharusan yang melibatkan berbagai stakeholders, termasuk mahasiswa menjadi bagian penting dalam menyukseskan kegiatan pembelajaran jarak jauh,” ujar Angkie.

WhatsApp Image 2020-08-25 at 5.18.39 PM (1)

Di masa pandemi Covid-19 ini, Angkie juga mengajak generasi muda untuk lebih produktif dan meningkatkan hard skill serta soft skill.

Banyak sekali situs pembelajaran daring yang dapat dimanfaatkan untuk kuliah dan mengembangkan skill di luar jurusan formal kuliah, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing,” jelas Angkie.

Dilansir dari World Economic Forum, terdapat perubahan paradigma dari skillset yang dibutuhkan pada tahun 2020. Angkie mengungkapkan top 10 kemampuan (skillset) yang perlu dimiliki anak muda di tahun 2020, di mana adaptasi dan inovasi menjadi kunci utama.

Sepuluh top skill tersebut seperti kemampuan untuk memecahkan masalah yang kompleks, berpikir kritis, kreatif, berjiwa pemimpin, mampu bekerja sama, kemampuan mengontrol emosi, mampu membuat keputusan, mengutamakan pelayanan, kemampuan bernegosiasi, mampu beradaptasi dan fleksibel.

“Jangan terlalu berkecil hati karena pandemi saat ini, walaupun tidak bisa bertatap muka tetapi yang penting punya konsep dan tujuan untuk ke depannya nanti,” tambah Angkie.

Angkie Yudistia, selain menjadi Staf Khusus Presiden juga merupakan founder & CEO dari ThisAble Enterprise, sebuah perusahaan yang memberdayakan disabilitas khususnya penyedia SDM Disabilitas. Organisasi ini didirikannya berdasarkan pengalamannya, sebagai seorang difabel tuna rungu sejak 10 tahun membuatnya bersemangat untuk menciptakan masyarakat yang inklusif.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube