header-int

Uajy Raih Best Practices Dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

19 June 2009
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) sebagai best practices (praktek terbaik) dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI-PT) bersama 5 perguruan tinggi lain. Penetapan ini berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Direktorat akademik terhadap perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia.

Bagi Ditjen Dikti, tujuan program evaluasi implementasi SPMI-PT ini adalah untuk memberikan perbaikan dan pengembangan tehadap kekurangan SPMI di berbagai perguruan tinggi. Dengan demikian mutu lulusan dari perguruan tinggi pun akan semakin baik. Hal ini sejalan dengan pencanangan posisi strategis penjaminan mutu (quality assurance) dalam Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003 – 2010 oleh Ditjen Dikti.

Kriteria penetapan best practices dilihat dari keberadaan kelengkapan dokumen di UAJY. Ketika hasil evaluasi instrumen SPMI-PT adalah A, maka UAJY dinilai tidak perlu melalui proses site verification dan technical assistance. Kriteria lain adalah bahwa UAJY termasuk dalam 50 promising universities dan selalu menyerahkan laporan Evaluasi Program Studi Berdasarkan Evaluasi Diri (EPSBED) dengan capaian sekurangnya 95%. Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, diharapkan UAJY sebagai salah satu Best Practices implementasi SPMI-PT dapat memberikan inspirasi bagi perguruan tinggi lain untuk melaksanakan SPMI-PT dengan baik.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube