header-int

UAJY Raih ‘Spirit of the Jessup’ Award

06 February 2019
Share Facebook Share

Delegasi Univeristas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) mendapatkan penghargaan ‘Spirit of the Jessup’ dalam The 17th Indonesian National Round of Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition 2019. Kompetisi tersebut berlangsung pada 1-3 Februari 2019 di Universitas Pelita Harapan, Tangerang. Penghargaan tersebut diberikan kepada tim yang memberikan contoh tebaik tentang semangat persahabatan, daya saing, apresiasi terhadap sesama pesaing Jessup dan juga proses secara keseluruhan dalam mempersiapkan kompetisi ini. Philip C. Jessup International Law Moot Court Competition (Kompetisi Jessup) adalah kompetisi moot court internasional tertua dan terbesar di dunia dalam bidang hukum internasional, yang diikuti oleh hampir 700 sekolah hukum di lebih dari 90 negara dalam beberapa tahun terakhir. Kompetisi tersebut berlangsung dalam dua putaran, National Round dan International Round. Pada Indonesian National Round tahun ini, Kompetisi ini diikuti oleh 20 tim dari universitas-universitas di Indonesia.

Bagi UAJY, keikutsertaan dalam Kompetisi Jessup ini merupakan yang pertama kalinya sepanjang sejarah. Inisiatif untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini berawal pada 2017 lalu, di mana salah satu anggota delegasi pada tahun ini dan juga pendiri dari Atma Jaya Yogyakarta International Law Society (AILS), Philipus Kristanto, menghadiri salah satu workshop yang diadakan oleh Indonesia Society of International Law (ISIL) di Bandung, Jawa Barat, dan sejak saat itu mulai mengadvokasi fakultas untuk mengikuti kompetisi ini. Fakultas Hukum mendukung penuh program ini sebagai bagian dari agenda internasionalisasi Fakultas.

UAJY 2

Hal tersebut diikuti dengan keikutsertaan UAJY sebagai observer pada 2018, sebagai bagian dari persiapan  hingga pada 2019, UAJY dapat mengirimkan delegasi Philip C. Jessup untuk pertama kalinya sebagai competitor. Tim UAJY terdiri atas: Philipus Kristanto, I Putu Adi Darmawan, Elsye S. Yuneka,  Mallini A. Nahadin dan A.A. Istri Mas Ratnaningrum sebagai competitors dan juga Duta Pratama, Elisabeth Noralina dan Anastasya Giri Anjassari sebagai observers.

Penghargaan ‘Spirit of the Jessup’ diberikan oleh Indonesian Society of International Law, sebagai penyelenggara dari Putaran Nasional Kompetisi Jessup atas kerja keras , daya juang serta proses panjang yang telah dilalui oleh Delegasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta, mulai dari keikutsertaan dalam workshop Jessup pada September 2017, menjadi observer pada 2018, mendirikan international law society di Fakultas Hukum UAJY, hingga berkompetisi di tahun 2019.

IMG_4874

Ratna Juwita, S.H., M.H., LL.M, dosen Hukum Internasional dan juga advisor dari Atma Jaya Yogyakarta International Law Society mengungkapkan, “I, as the Advisor of the Atma Jaya International Law Society, am very proud of the achievement of my students. They are all exemplified passion to study international law, courage to stand and speak up to disseminate the knowledge of international law in the realm of moot court competition and kind friendship among others. The delegation which is led by Mr. Philipus Kristanto has already became a standard for the next younger generation of students in Universitas Atma Jaya Yogyakarta whom are interested in International Law studies. Last but not least, my messages to the delegations are keep learning, set the timer back to the point zero again and work harder for the next competition. Congratulations!

Hal senada diungkapkan oleh Kartika Paramita, S.H., LL.M, coach dari delegasi yang mengungkapkan bahwa dengan diterimanya Spirit of the Jessup ini, semoga Atma Jaya International Law Society dapat  semakin termotivasi untuk mengembangkan international moot court di UAJY.

Dalam acara penyambutan delegasi Jessup 2019 (Rabu, 6/2/2019) di Fakultas Hukum UAJY, Dekan Fakultas Hukum UAJY, Dr. Y. Sari Murti Widiyastuti, S.H., M.Hum. juga mengungkapkan, “Saya sebagai pimpinan fakultas sangat bangga dengan apa yang telah diusahakan delegasi yang sudah berani melangkah untuk berkompetisi dalam Jessup Competition 2019, ini merupakan satu bagian yang penting dan strategis  dalam rangka mewujudkan internasionalisasi program yang dilaksanakan oleh Fakultas Hukum UAJY. Bagaimana pun juga, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, khususnya Fakultas Hukum ingin berperan aktif tidak hanya di level lokal maupun nasional, tetapi juga di level ASEAN dan Internasional , melalui berbagai aktivitas di bidang penelitian, pengajaran, yang memberikan ruang bagi mahasiswa untuk bisa untuk berjejaring serta mengembangkan pemikiran positif dalam pengembangan hukum. Itulah mengapa, terhadap setiap aktivitas yang mengarah ke sana, Fakultas memberikan dukungan penuh, baik secara moril juga materil. Semoga usaha untuk internasionalisasi dapat berjalan seiring dengan berkembangnya kegiatan dan kompetisi yang dimotori oleh Atma Jaya International Law Society. Selamat, dan kami bangga untuk anda semua!”

IMG_4837

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube