1
header-int

UAJY Selenggarakan Wisuda Daring Pertama Kali

29 August 2020
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2019/2020 pada Sabtu, 29 Agustus 2020 yang diselenggarkan secara daring melalui kanal Youtube UAJY. UAJY mewisuda 786 sarjana dengan rincian 756 sarjana strata satu dan 30 sarjana strata dua (magister). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 148 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 47.419 sarjana dengan rincian 45.001 sarjana strata satu dan 2.418 sarjana strata dua (magister).

Seperti diketahui bersama bahwa pandemi COVID-19 masih merebak di Indonesia, menyebabkan wisuda kali ini berlangsung berbeda dari wisuda biasanya. Wisuda kali ini dilaksanakan secara daring dengan hanya tujuh orang wisudawan yang datang ke kampus untuk mewakili wisudawan tiap fakultas.

Dalam wisuda tersebut, Maria Vika Wirastri dari Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Vika lulus Sarjana Teknik dengan predikat cumlaude dengan meraih IPK 3,90.

Selama menempuh kuliah di UAJY, Vika termasuk mahasiswa berprestasi yang aktif mengikuti kompetisi dan mendapatkan penghargaan, diantaranya meraih Juara 2 dalam Lomba Desain Internasional CTBUH di Chicago, Amerika Serikat pada tahun 2019. Selain itu, Vika juga berhasil meraih Juara I dalam Lomba Karya Tulis Nasional – LKTI Seminar Arsitektur Nasional Petra yang diselenggarakan oleh Universitas Petra Surabaya pada tahun 2019. Vika merupakan salah satu penerima Djarum Beasiswa Plus (2018-2019).

WhatsApp Image 2020-08-29 at 1.19.47 PM

Menurut Vika, meskipun raga tidak bisa bersua lantaran pandemi dan polemik yang kini sedang melanda, dan kita semua telah merasakan langsung betapa “berbeda” dan “spesial”nya wisudawan tahun 2020. Kita ditempa lebih keras, kita berproses lebih banyak, namun disitu pulalah kita beradaptasi lebih dini. Dan dibalik itu semua pasti akan ada hikmah yang dapat kita ambil. Hal tersebut alangkah baiknya perlu disikapi positif sebab tantangan baru seperti ini pasti juga akan terjadi di masa-masa yang akan datang.

“Belajar di Universitas Atma Jaya Yogyakarta merupakan salah satu keputusan akademis terbaik yang saya miliki. Bukan hanya tentang mencari kredensial saja, atau karena Universitas Atma Jaya Yogyakarta masuk dalam jajaran perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia yang terakreditasi A, namun, dengan menginvestasikan waktu di sini, benar-benar membuat saya mendapat berbagai pelajaran dan pengalaman berharga. Saya menemukan diri saya saat ini, saya tidak hanya diisi dengan ilmu pengetahuan saja, namun juga dibentuk dengan fondasi wawasan, etika, dan keterampilan yang semakin membentuk kepribadian saya, semakin membuka mata dan cakrawala berpikir saya,” ungkap Vika.

“Dengan diwisudanya kami hari ini, tanggung jawab sebagai mahasiswa boleh saja usai. Namun, ini bukanlah puncak prestasi kami, melainkan titik baru dimana tanggung jawab moral, ilmu, dan gelar yang kami bawa hari ini, akan terus bersemayam dan harus implementasikan sepanjang hidup kami,” tutur Vika.

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan bahwa walaupun wisuda periode kali ini dilaksanakan secara daring, dan hanya sebagian kecil yang hadir di tempat upacara sesuai dengan protokol kesehatan yang harus diikuti, tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan/wisudawati dan orang tua/wali serta orang-orang terkasih.

“Dalam situasi sekarang ini, di mana banyak kantor-kantor dan perusahaan belum beroperasi secara normal, tentu bukan suatu hal yang mudah untuk memulai langkah dalam membangun karier.  Walaupun demikian di sisi lain kita juga melihat peluang-peluang dan kemajuan yang diakibatkan oleh COVID-19 ini. Kami berharap anda tetap semangat dan dapat memanfaatkan peluang yang ada sekecil apapun. Sebagai lulusan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, saya yakin anda dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada dan bahkan secara kreatif mengatasi  situasi ini,” papar Yoyong.

Menurut Yoyong pandemi COVID-19 belum tahu kapan akan berakhir. Untuk itu, sambil mengikuti protokol sesuai anjuran para ahli kesehatan, tentu kita tidak dapat hanya berpangku tangan.

“Justru inilah saatnya kita berkarya dengan segala  kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki. Gunakanlah semua pengetahuan dan kreativitas untuk memulai langkah dalam merintis karier anda. Sekali lagi kami ucapkan selamat dan semoga sukses dalam kehidupan anda semua,” tutup Yoyong mengakhiri sambutan.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube