header-int

UAJY Tambah 3 Doktor Baru

03 June 2020
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menambah 3 gelar doktor baru di bidang Ilmu Komunikasi serta Bisnis dan Ekonomika. Ketiga dosen tersebut adalah Desideria Cempaka Wijaya Murti, S.Sos., M.A., Ph.D. dan Dr. Phil. Yoseph Bambang Wiratmojo, S.Sos., M.A.,  dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Dr. Nuritomo, S.E., M.Acc dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika.

Desideria Cempaka Wijaya Murti, S.Sos., M.A., Ph.D., dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik menempuh studi untuk strata tiga (S3) di Curtin University, Perth, Australia. Dalam disertasi yang berjudul “Location Nation: Interactions between Indonesians and Australians in Two Cultural Heritage Villages”, yang menjadi fokus adalah nation branding yang diproyeksikan dari desa wisata. Pilihan untuk meneliti desa wisata disesuaikan oleh bidang yang diminati dan dikuasai, yakni bidang marketing communication dan advertising.

Dr. Phil. Yoseph Bambang Wiratmojo, S.Sos., M.A.

Sementara itu dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Dr. Phil. Yoseph Bambang Wiratmojo, S.Sos., M.A. telah resmi menyandang gelar doktor setelah menyelesaikan studi S3 di Fakultät für Geisteswissenschaften (Fakultas Ilmu-ilmu Humaniora), Universität Hambur, Jerman melalui ujian terbuka dengan disertasi yang berjudul  “Indonesian Adolescents’ Digital Literacy, Privacy Practices on Social Network Sites (SNS), and Bullying Experiences in Cyberspace” berawal dari topik “perkembangan teknologi komunikasi dan perubahan sosial”. Topik tersebut mengenai perubahan pola komunikasi pada orang Indonesia terutama remaja dan orang muda akibat digitalisasi media, salah satunya mengenai bullying di media digital. Berawal dari hipotesis bahwa di Indonesia banyak terjadi kekerasan yang dilakukan oleh anak/remaja/orang tua dikarenakan sebuah “akar budaya“.

Dr. Nuritomo, S.E., M.Acc

Selain itu, dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika UAJY, Dr. Nuritomo, S.E., M.Acc juga baru saja mendapatkan gelar doktor di bidang akuntansi. Menempuh studi di Program Pascasarjana Ilmu Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia dan mendapatkan predikat sangat memuaskan yaitu IPK 3,91. Disertasi berjudul “Pengaruh Corporate Governance dan Kepemilikan Keluarga Terhadap Praktik Penghindaran Pajak Melalui Transaksi Pihak Berelasi” berisi tentang praktik penghindaran pajak yang dilakukan oleh korporasi di Indonesia melalui transaksi dengan pihak relasi di luar negeri serta minimalisasi pembayaran dividen. Dasar pada penelitian tersebut adalah keprihatinan terhadap maraknya kasus serta skandal yang dilakukan perusahaan Indonesia yang memanfaatkan transaksi via transfer pricing keluar negeri sebagai salah satu cara untuk mengindari pajak. Pada penelitian tersebut, Dr. Nuritomo juga menjelaskan jika corporate governance yang baik cenderung memperkuat praktik penghindaran pajak dengan minimalisasi pembayaran dividen.

Universitas Atma Jaya Yogyakarta berkomitmen untuk menjaga kualitas tenaga pengajarnya dengan terus mendorong dosen-dosen untuk mencapai gelar akademik tertinggi.

***

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2020 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube