header-int

UAJY Terjunkan Mahasiswa KKN ke Kalimantan, Mentawai dan Lombok

17 December 2018
Share Facebook Share

Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), Dr. Gregorius Sri Nurhartanto S.H., LLM., melepas 185 mahasiswa untuk melakukan pengabdian Kuliah Kerja Nyata (KKN), Senin (17/12/2018). Kegiatan KKN ke-74 ini diselenggarakan di tiga wilayah yakni Kalimantan Barat yang diwakili Kabupaten Ketapang, Kabupaten Sintang dan Sekadau,  Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat dan Kabupaten Lombok Utara.

Rektor UAJY berharap agar mahasiswa selalu menjaga kesehatan dan bisa membiasakan diri dengan kebiasaan masyarakat setempat. “Medannya sangat ekstrem, namun kehadiran mahasiswa UAJY selalu dinantikan oleh warga masyarakat salah satunya juga sebagai motivator, maka dari itu laksanakanlah program sebaik mungkin,” ujar Nurhartanto.

KKN di Kabupaten Ketapang dan Sintang dimulai sejak Senin (17/12/2018) hingga pertengahan Januari 2019. Diikuti dengan region Lombok Utara pada Kamis (20/12/2018) hingga 20 Januari 2019, sedangkan di Kepulauan Mentawai sejak 3 Januari 2019 sampai 31 Januari 2019.

AAA_4340

Penyelenggaraan KKN ini bertujuan untuk mewujudkan karya nyata melalui penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni. Terlihat dari setiap program-program kegiatan yang akan dibawakan setiap kelompok berbeda di setiap daerah. Kabupaten Ketapang akan lebih membantu kepada pengembangan paroki yang ada, juga diikuti dengan 2 pra-paroki. Sedangkan Kabupaten Sintang-Sekadau akan diperbantukan sesuai dengan kebutuhan kelompok usaha berbentuk CU milik masyarakat setempat.

Berbeda dengan KKN pada umumnya, di Kabupaten Mentawai mahasiswa yang terdiri dari 5 mahasiswa UAJY akan bergabung dengan mahasiswa perwakilan dari APTIK (Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik). Dari perwakilan gabungan fakultas yang berbeda akan membawakan 2 program kerja mandiri sesuai dengan keahlian dari masing-masing. Hal tersebut ditegaskan salah satu mahasiswa dari Fakultas Teknobiologi, Vincentius.

“Nantinya akan ada lima program kerja bersama di antaranya monitoring berjalannya PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), pengolahan sampah, pengolahan pangan serta program pembuatan sanitasi dan MCK di Mentawai. Sisanya akan menjalankan dua program mandiri,” ungkapnya.

AAA_4357

KKN di Lombok merupakan kegiatan yang diadakan kedua kalinya dalam jangka waktu satu tahun. KKN yang diikuti oleh 20 peserta yang berasal dari Teknik Sipil dan Arsitektur ini akan berfokus di Desa Sesaid, Kabupaten Lombok Utara.

“Fokus pengerjaan kami lebih kepada membuatkan hunian tetap sesuai dengan tatanan budaya masyarakat setempat, desain bangunan rumah dan irigasi, serta nantinya akan membuat museum mini bagi masyarakat di Lombok,” ungkap Dr. I Putu S. Sanjaya, S.E., M.Si selaku Ketua LPPM UAJY.

KKN pasca bencana di Lombok merupakan hasil kerjasama dengan Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa (ILUMENWA) Batalyon 7 UAJY. “Kami berharap para peserta KKN Lombok bisa mendapatkan suatu pengalaman berharga untuk kelanjutan pengalaman di masa mendatang terutama di bidang pembentukan mental yang baik setelah adanya kegiatan ini,” ungkap Ir. Widodo Wibisono M.T selaku Ketua ILUMENWA Batalyon 7 UAJY.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube