header-int

UAJY Terjunkan Mahasiswa KKN ke Ketapang dan Sintang Kalimantan Barat

15 December 2017
Share Facebook Share

Kamis (14/12), sebanyak 210 orang mahasiswa terdiri dari berbagai angkatan dan Program Studi diterjunkan mengikuti program KKN di Ketapang dan Sintang/Sekadau. KKN semester ini telah memasuki angkatan ke-72. Persiapan KKN ini sendiri telah dimulai sejak pertengahan September dan melalui berbagai tahap hingga presentasi akhir peserta pada awal Desember. Pada persiapan tersebut para mahasiswa membuat desain program kerja untuk diimplementasikan.

IMG_2610

KKN UAJY diselenggarakan sebagai kegiatan intrakurikuler dan merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang akan menyelesaikan studinya. KKN juga sebagai pengintegrasian kegiatan pengabdian pada masyarakat dan kegiatan pendidikan serta penelitian yang dilaksanakan oleh mahasiswa didampingi para dosen. Penyelenggaraannya sendiri dilaksanakan melalui koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM).

Pelaksanaan KKN yang berlangsung di Kabupaten Ketapang dan Sintang Kalimantan Barat dimulai tanggal 14 Desember 2017 dan ditargetkan berakhir pertengahan Januari 2018, dengan rincian: Mahasiswa KKN di Keuskupan Ketapang sebanyak 90 mahasiswa diterjunkan di 21 Paroki. Pada setiap Paroki terdapat 1 kelompok mahasiswa KKN dengan jumlah masing-masing kelompok 2-10 mahasiswa. Terdapat 5 Asisten Dosen Pembimbing Lapangan (ADPL) yang tinggal di lokasi serta 1 Asisten Koordinator Lapangan (Askorlap). Mahasiswa KKN di Kabupaten Sintang dan Sekadau sebanyak 120 mahasiswa di terjunkan di 30 Kelompok Usaha. Pada tiap kelompok usaha terdapat 1 kelompok mahasiswa KKN dengan jumlah masing-masing kelompok 4 mahasiswa. Terdapat 6 Asisten Dosen Pembimbing Lapangan (ADPL) yang tinggal di lokasi serta 1 Askorlap.

IMG_2651

“Harapannya KKN 72 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, juga peserta dapat melakukan pengabdian sebaik mungkin di lokasi penerjunan dan dapat berpengaruh baik terhadap masyarakat walaupun dalam waktu yang terbatas,” jelas Jironimo Baltazar Bubun Mahasiswa Teknik Sipil Angkatan 2014 selaku ADPL Distrik 1 Sintang.

Dalam sambutannya, Ketua LPPM Dr. I Putu S. Sanjaya, SE., M.Si., Ak.CA mengatakan bahwa “Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) ini tidak semata-mata bertujuan untuk melakukan modernisasi masyarakat pedesaan, melainkan lebih mengutamakan untuk memberdayakan masyarakat pedesaan sebagai basis pembangunan manusia Indonesia seutuhnya untuk menjadi masyarakat yang mandiri, sejahtera, dan maju dalam rangka menuju masyarakat madani.”

IMG_2672

Dalam kesempatan kali ini, Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhantanto, S.H., LL.M. turut melepas mahasiswa KKN Angkatan 72.

“Banggalah menjadi mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan banggalah Anda menjadi salah satu agen of change bagi Indonesia. Apa yang sudah Anda peroleh di universitas ini, silahkan diaplikasikan untuk kemaslahatan saudara-saudara kita di tempat KKN,” ujar Nurhartanto.

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube