header-int

UAJY Terjunkan Mahasiswa KKN ke Kulon Progo

21 December 2017
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menerjunkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 72 ke Kabupaten Kulon Progo pada Selasa – Rabu (19/12-20/12) lalu. Peserta KKN diterjunkan ke Kecamatan Kokap dan Kecamatan Girimulyo. Terdapat pula Mahasiswa UAJY yang melaksanakan KKN UAJY 72 di luar Pulau Jawa, yakni di Sintang dan Ketapang. Penerjunan peserta KKN 72 UAJY di Pulau Jawa dilaksanakan pada hari Selasa (19/12) untuk Kecamatan Girimulyo dan Rabu (20/12) untuk Kecamatan Kokap, sebelumnya penerjunan ke Kalimantan yaitu Sintang dan Ketapang sudah terlebih dahulu dilaksanakan (14/12). Peserta KKN yang telah diterjunkan ke daerah Kokap sebanyak 629 Mahasiswa, para peserta ini terdiri dari berbagai Jurusan dan Program Studi.

uajy_Bc6XfOzDVpf

Persiapan program kerja yang telah dilakukan sejak September ini diharapkan membuahkan hasil bagi masyarakat dan peserta sendiri. Ketua LPPM, Dr. I Putu Sugiartha Sanjaya, SE., M.Si., Ak. CA. dalam sambutannya berharap agar mahasiswa tidak hanya sekedar mengabdi tetapi juga dapat melayani masyarakat dengan sepenuh hati.

“Tidak hanya sekedar mengabdi saja, kerja nyata ini juga bertujuan agar ke depannya kita mampu untuk memberikan pelayanan ke semua orang dengan ikhlas dan sepenuh hati,” ungkap Sugiartha Sanjaya.

IMG_2769

Mahasiswa diharapkan memberikan pengetahuan yang diberikan di bangku kuliah kepada masyarakat di tempat KKN sehingga mahasiswa sendiri dapat mengetahui fungsi dan kegunaan dari pengetahuan yang mereka dapatkan. Tidak hanya itu, kreativitas mahasiswa dalam mengembangkan proker juga harus bermanfaat bagi masyarakat pedesaan. Proker dijalankan juga tidak sekedar proker biasa, melainkan mampu mengacu pada perubahan yang lebih baik. Selain itu, pengembangan ini juga diharapkan sesuai dengan visi misi UAJY sendiri.

“Kerja nyata ini bukan sekedar terjun saja. Kita juga harus siap mewujudkan kerja nyata ini sesuai visi misi UAJY. Nilai-nilai tersebut harus ada di setiap proker kalian,” ujar Dr. Gregorious Sri Nurhantanto, S.H., LL.M selaku Rektor UAJY.

uajy_Bc6XftZjJxh

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan ini juga akan didampingi oleh Asisten Dosen Pendamping Lapangan (ADPL). Merekalah yang akan bertanggung jawab dengan semua urusan para peserta selama KKN. Selain itu, para ADPL ini juga diharapkan bisa bekerja sama dengan para peserta dalam pengembangan program kerja untuk masyarakat setempat.

“ADPL selaku pendamping, sangat saya harapkan bisa membantu peserta dalam menjalankan proker yang telah disiapkan sejak September. Saya berharap semua nilai yang kalian dapatkan disini dapat kalian terapkan dan berguna bagi masyarakat disana. Kami siap mewujudkan kerja nyata!,” tegas Nurhartanto.

IMG_2713

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube