header-int

WASPADAI KEJAHATAN MELALUI TELEPON SELULER

11 January 2017
Share Facebook Share

Aksi kejahatan akhir-akhir ini semakin merajalela, bukan saja dalam bentuk kejahatan-kejahatan konvensional seperti pembegalan atau pencurian sepeda motor. Kejahatan kali ini berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan perangkat lunaknya. Penggunaan telpon selular menjadi tren kejahatan baru dengan modus operandi yang semakin bervariasi. Ada pelaku kejahatan yang mengatasnamakan aparat kepolisian, khususnya aparat kepolisian Satlantas, ada yang mengatasnakamakan tenaga medis, ada yang mengaku sebagai pihak penyelenggara undian berhadiah, bahkan ada yang mengaku sebagai orang tua atau anak dari keluarga tertentu.

Universitas sebagai pusat kegiatan akademik juga tidak terlepas dari praktek-praktek penipuan dengan menggunakan telepon seluler. Di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY), penipu sering bertindak sebagai rektor atau wakil rektor, dekan dalam mengelabuhi korban yang bukan saja dari kalangan mahasiswa namun juga dosen, karyawan atau bahkan pejabat struktural di lingkungan kampus. Untuk itu, semua pihak dimohon berhati-hati apabila menerima telepon/sms/WA dari nomor yang tidak dikenal, lebih-lebih yang mengaku sebagai pejabat di lingkungan UAJY. Akan lebih baik apabila segera lakukan konfirmasi atas kejadian tersebut kepada  KHSP UAJY.

 

Contoh aksi penipuan yang menggunakan WA :

Untitled-2

 

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube