1
header-int

Wisuda Daring UAJY: Digital Skill dan Soft Skill, Modal Meraih Sukses

28 August 2021
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode IV Tahun Akademik 2020/2021 pada Sabtu, 28 Agustus 2021 yang diselenggarkan secara daring melalui kanal Youtube UAJY. UAJY mewisuda 700 sarjana dengan rincian 671 sarjana strata satu dan 29 sarjana strata dua (magister). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 118 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 49.462 sarjana dengan rincian 46.926 sarjana strata satu dan 2.536 sarjana strata dua (magister).

Seperti diketahui bersama bahwa pandemi COVID-19 masih merebak di Indonesia, menyebabkan wisuda kali ini masih berlangsung secara daring dengan 12 orang wisudawan yang datang ke kampus untuk mewakili wisudawan tiap program studi dan 4 orang mewakili program pascasarjana.

Dalam wisuda tersebut, Eunike Annice Ariella dari Program Studi Teknik Industri Kelas Internasional terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Eunike lulus Sarjana Teknik dengan predikat cumlaude.  Wisudawati kelahiran Yogyakarta, 22 Juni 1999 ini meraih IPK 3,90.

Selama menempuh kuliah di UAJY, Eunike termasuk mahasiswa berprestasi yang aktif mengikuti kompetisi dan mendapatkan penghargaan, diantaranya meraih Juara 1 dalam “Women” Themed Poster Designing Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada tahun 2018. Eunike merupakan salah satu penerima International Credit Transfer Program dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada tahun 2020.

Eunike Annice-min

Menurut Eunike, lulusan jalur pandemi ini, menjadi sebuah pencapaian besar yang dapat dibanggakan. Karena pada kenyataannya kita dituntut untuk jauh lebih kreatif dan inovatif dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita sebagai mahasiswa. Kita ditempa lebih keras, kita berproses lebih banyak, dan dari situ kita dapat beradaptasi lebih baik dan mendapatkan pengalaman yang tentunya berguna untuk masa depan kita semua.

“Kelulusan ini bukanlah akhir dari perjalanan dan perjuangan kita tetapi, awal dari perjuangan kita untuk membuka, mengisi, dan menghadapi seluruh babak perjalanan baru baik di dunia kerja maupun di studi jenjang berikutnya. Dengan disematkannya gelar baru kepada diri kita di hari ini, kita dituntut untuk menjadi insan yang lebih baik. Namun saya percaya, apa yang telah kita dapatkan dari proses masa studi kita di UAJY dapat membatu kita semua menjadi kandidat yang unggul, baik dalam dunia kerja maupun dunia pendidikan jenjang selanjutnya,” ungkap Eunike.

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan bahwa pandemi COVID-9 ini telah mengubah banyak hal, termasuk mengubah  rencana-rencana dan harapan. Bagi kita sebagai bangsa, pandemi ini jangan sampai menggagalkan cita-cita kita untuk menjadi negara maju di kemudian hari. Kita ingat sebelum pandemi, karena bonus demografi yang kita punyai ditambah dengan beberapa indikator yang ada, banyak yang memprediksi Indonesia akan melompat menjadi negara maju. Bonus demografi ini tentu harus kita manfaatkan, terlebih di masa pandemi ini.

“Kondisi pandemi telah mengajarkan kita akan kebiasaan-kebiasaan baru yang mungkin belum kita pikirkan sebelumnya, juga menyebabkan bidang profesi tertentu menjadi menurun kebutuhannya, sedangkan profesi lain meningkat kebutuhannya,” papar Yoyong.

Menurut Yoyong, kemampuan dalam bidang teknologi infomasi atau kemampuan digital (digital skill) merupakan modal yang penting, di samping pengetahuan dalam bidang studi masing-masing. Selain hal itu, soft-skills merupakan hal yang utama yang harus dipunyai. Bahkan dari banyak pengalaman, soft-skills merupakan hal penting yang mendukung seseorang untuk sukses. Deloitte Access Economics (2017) dalam laporannya memprediksi 2/3 pekerjaan pada tahun 2030 adalah pekerjaan yang membutuhkan kemampuan soft-skills yang tinggi. Semoga dengan pengetahuan dalam bidang studi dan soft-skills yang diperoleh selama kuliah dapat menjadi bekal anda untuk meraih sukses.

“Kondisi pandemi ini juga tentu mempengaruhi wisudawan/wisudawati yg baru lulus, mempengaruhi cara anda untuk memulai karier atau mencari pekerjaan. Dari pengalaman yang kita alami, pandemi akibat COVID-19 ini menimbulkan dua sisi yang berlawanan, yaitu hal yang merugikan dan hal yang menguntungkan. Dalam hal ini tentu kita harus berusaha agar dapat memaksimalkan kondisi-kondisi yang menguntungkan itu,” tutup Yoyong mengakhiri sambutan.

###

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube