1
header-int

Wisuda Daring UAJY: MBKM Siapkan Lulusan yang Berkompeten

30 May 2021
Share Facebook Share

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar Wisuda Periode III Tahun Akademik 2020/2021 pada Sabtu, 29 Mei 2021 yang diselenggarkan secara daring melalui kanal Youtube UAJY. UAJY mewisuda 323 sarjana dengan rincian 303 sarjana strata satu dan 20 sarjana strata dua (magister). Jumlah wisudawan dengan predikat cumlaude sebanyak 75 orang. Sampai dengan wisuda kali ini UAJY telah meluluskan sebanyak 48.762 sarjana dengan rincian 46.255 sarjana strata satu dan 2.507 sarjana strata dua (magister).

Seperti diketahui bersama bahwa pandemi COVID-19 masih merebak di Indonesia, menyebabkan wisuda kali ini masih berlangsung secara daring dengan 11 orang wisudawan yang datang ke kampus untuk mewakili wisudawan tiap program studi dan 1 orang mewakili program pascasarjana.

Dalam wisuda tersebut, Angela Irena dari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik terpilih menjadi wakil wisudawan untuk memberikan sambutan. Angela lulus sebagai Sarjana Ilmu Komunikasi dengan predikat cumlaude.  Wisudawati kelahiran Pontianak, 15 Maret 1999 ini meraih IPK 3,83.

Selama menempuh kuliah di UAJY, Angela termasuk mahasiswa berprestasi yang aktif mengikuti kompetisi dan mendapatkan penghargaan, diantaranya meraih Juara 2 dalam Call for Research Competition yang diselenggarakan pada tahun 2020. Selain itu, Angela juga berhasil meraih Juara I dalam Yogyakarta Chinese Bridge Competition, mewakili Yogyakarta pada tingkat nasional pada tahun 2019. Angela merupakan salah satu penerima beasiswa Liem Family Scholarship Universitas Atma Jaya Yogyakarta Batch 1.

Angela Irena

Menurut Angela, lulusan jalur pandemi ini, berhasil mencetak sebuah sejarah yang hebat, melaksanakan magang secara virtual, seminar proposal virtual, sidang pendadaran virtual, bahkan wisuda juga masih harus dilakukan secara virtual. Sebagai lulusan jalur pandemi, berhasil membuktikan bahwa mampu menapakkan kaki pada hari yang berbahagia (wisuda daring) karena telah lulus salah satu ujian adaptasi dalam hidup.

“Kemanapun kita pergi, ingatlah bahwa dalam otak kita harus ada semangat unggul, dalam hati kita harus ada semangat inklusif, dalam jiwa kita harus ada semangat humanis, dan dalam perilaku kita harus ada semangat berintegritas,” ungkap Angela.

Rektor UAJY, Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D., dalam sambutannya mengatakan bahwa walaupun wisuda periode kali ini masih dilaksanakan secara daring, dan hanya sebagian kecil yang hadir di tempat upacara sesuai dengan protokol kesehatan yang harus diikuti, tidak mengurangi kebahagiaan para wisudawan/wisudawati dan orang tua/wali serta orang-orang terkasih.

“Era disruptif saat ini telah membawa banyak perubahan besar di segala aspek kehidupan manusia. Hal ini menuntut kita untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman, tidak terkecuali di sektor pendidikan. Kondisi dinamis ini mendorong perguruan tinggi untuk melakukan transformasi pembelajaran untuk dapat menyiapkan lulusan yang unggul, inovatif, tanggap, dan siap menghadapi berbagai tantangan zaman,” papar Yoyong.

Rektor UAJY

Salah satu inovasi di bidang pendidikan dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud-Ristek), Nadiem Makarim yaitu Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) sejak tahun 2020. Program ini bertujuan untuk memperluas akses peserta didik di Indonesia dalam memperoleh pembelajaran di perguruan tinggi sehingga dapat menjadi pembelajar sejati yang trampil, lentur dan ulet (agile learner). Kebijakan ini diharapkan dapat dijadikan acuan oleh seluruh perguruan tinggi karena memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan potensi, kreativitas, keunggulan, dan kepribadian masing-masing.

“Kreativitas dan inovasi memang menjadi kata kunci penting untuk memastikan pembangunan Indonesia yang berkelanjutan. Maka dari itu, kita semua punya peran dan tanggung jawab yang besar untuk bersama-sama berkontribusi pada masyarakat, tidak hanya di aspek pendidikan tetapi juga segala aspek pembangunan di Indonesia. Mari kita bangkitkan semangat menyongsong lembaran baru Pendidikan Indonesia serta menjadi SDM yang unggul, transformatif dan adaptif demi Indonesia Maju!,” tutup Yoyong mengakhiri sambutan.

###

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube