1
header-int

Workshop Nasional, “Demokrasi, Olgarki dan Perempuan : Peran CSO, Pemerintah-Legislatif dan Media dalam Memperkuat Perempuan dalam Demokrasi Lokal”

15 May 2015
Share Facebook Share

Prodi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Fisip UAJY) bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Satunama menyelenggarakan workshop nasional dengan thema, “Demokrasi, Olgarki dan Perempuan : Peran CSO, Pemerintah-Legislatif dan Media dalam Memperkuat Perempuan dalam Demokrasi Lokal” pada Selasa (12/5) di Auditorium Kampus IV Gedung Theresa,  Fisip UAJY. Salah satu narasumber, yang juga merupakan dosen Fisip UAJY dalam acara tersebut adalah Dr. Lukas S. Ispandriarno, MA.

Tantangan riil dan jalan terjal menghadirkan wajah demokrasi dengan rakyat sebagai aktor utama, dengan aneka intrik, direbut kembali oleh mereka yang memiliki sumberdaya dan terbiasa memakai kendaraan demokrasi dengan alasan-alasan yang terlihat kudus namun menyesatkan. Demokrasi lokal mengalami pembajakan serius dan  pembodohan akut sehingga membutuhkan terobosan-terobosan cerdik untuk meretas benang kusut aksi pembajakan para aktor manipulatif demokrasi itu.

Workshop nasional ini antara lain bertujuan untuk merumuskan dan menemukan strategi baru menghadapi pola-pola oligarkhi di tingkat lokal, merumuskan kembali pola kerja sama antara pemerintah, legislative, dan organisasi masyarakat sipil dalam memproduksi kebijakan-kebijakan baru yang mendukung perempuan, sehingga diharapkan mampu menghasilkan kerjasama lintas sektor yang dapat memastikan praksis demokrasi local menuju demokrasi yang lebih matang. Di samping itu, melalui workshop ini juga diperoleh rumusan baru peran media dalam memperkuat peran perempuan. (One 13/5)

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube