1
header-int

Yuk, Buat Weekend di UAJY Lebih Bermakna

20 February 2019
Share Facebook Share

Anselma Hesti

“Berintegritas, Unggul, Inklusif, Humanis”

Mahasiswa yang kuliah di Atma Jogja pasti sudah tidak asing lagi dengan slogan-slogan tersebut. Keempat nilai di atas adalah hal yang dibagikan Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) kepada setiap mahasiswanya. Salah satunya dengan kegiatan Latihan Dasar Pengembangan Kepribadian Mahasiswa yang akan diikuti di sela-sela akhir pekan mahasiswa.

Apakah LDPKM itu?

Kegiatan yang diikuti oleh setiap mahasiswa baru yang bertujuan untuk mengenal dan mengembangkan daya juangnya sendiri, membangun proses adaptasi studi di UAJY dan mengembangkan semangat “Melayani dalam Cahaya Kebenaran” serta membantu untuk memiliki kepribadian yang utuh baik secara fisik, intelektual, emosional dan spiritual.

Melalui LDPKM, kita dibantu untuk mengenali diri kita sendiri selama ini, bagaimana gambaran sosok “mahasiswa” yang baru masuk dunia perkuliahan dan mampu merumuskan tujuan, strategi dan rencana selama kuliah di UAJY. Mengetahui seberapa jauh daya juang melalui tipe-tipe kepribadian ketika menghadapi situasi, termasuk tipe quiter, camper atau climber. Juga, bagaimana bisa meningkatkan semangat juang yang dibutuhkan di dunia perkuliahan lewat renungan dan permainan yang mampu memicu agar tidak mudah patah semangat.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, mahasiswa dibantu dan difasilitasi dengan baik oleh seorang dosen dan asisten. Bersama dengan teman-teman baru dari beragam fakultas, mahasiswa baru (maba) bisa menemukan tujuan yang ingin dicapai semasa duduk di bangku kuliah. Termasuk mampu memetakan rencana ke depannya di masing-masing bidang, baik akademik maupun non akademik yang sangat bisa diikuti di UAJY atau yang kerap disebut sebagai SPAMA (Satuan Partisipasi Aktivitas Mahasiswa Atma Jaya).

SPAMA terdiri atas 5 bidang yakni keatmajayaan, penalaran, minat bakat: seni, olahraga dan budaya, pengabdian pada masyarakat, organisasi dan kepemimpinan. Bidang-bidang tersebut memiliki poin yang berbeda, harapannya ketika menjadi mahasiswa UAJY kita tidak hanya unggul di salah satu bidang namun dapat seimbang dalam setiap bidangnya.

Memang, menjadi mahasiswa kupu alias kuliah pulang atau menjadi mahasiswa aktif adalah pilihan setiap orang, namun alangkah baiknya kita bisa menyeimbangkan setiap aspek dalam diri kita. Kegiatan LDPKM ini terbukti sudah banyak membantu. Selain bisa memperoleh kenalan banyak teman baru, LDPKM juga dapat meningkatkan poin SPAMA kita.

Jadi, masihkah ragu untuk mengisi kegiatan di akhir pekan dengan LDPKM Atma Jogja?

ldpkm

 

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2021 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube