Menu

Henan Summer Camp, Cultural Youth Exchange Program, China

28 April 2017
Share Facebook Share

HENAN SUMMER CAMP
CULTURAL YOUTH EXCHANGE
SCHOLARSHIP PROGRAM 2017

 

Program Beasiswa Budaya Henan Summer Camp 2017, merupakan program dari Overseas Chinese Affair Office State of Council, yang merupakah lembaga resmi Administratif pemerintah China, dibawah Koordinasi dari Kementerian Luar Negeri China yang membantu menyelenggarakan urusan utama dalam rangka hubungan luar negeri dan Internasional, dengan negara-negara sahabat China. Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kerjasama dan pertukaran antara China dan negara-negara sahabat China dalam bidang Ekonomi, Pendidikan, Budaya dan Kemanusiaan. Program ini merupakan program tahunan dari pemerintah China yang dikelola oleh Foreign Affair Office Provinsi Henan, dimana program ini menawarkan kegiatan pertukaran budaya untuk pelajar internasional dari berbagai negara. Tahun ini, Foreign Affair Office provinsi Henan menawarkan program Summer Camp untuk Indonesia dan Amerika Serikat. Kegiatan akan dilaksanakan pada 2-12 Juli 2017, dengan mengunjungi enam kota kuno di Provinsi Henan, yaitu Puyang-Anyang-Kaifeng-Luoyang-Dengfeng-Zhengzhou, kota yang sudah ada sejak 6000 tahun yag lalu, yang menjadi kota masuk dan berkembangnya ajaran Buddha pertama kali di China. Tidak ketinggalan, Kuil Shaolin juga akan dikunjungi nantinya saat di kota Dengfeng.

Indonesia tahun ini diberikan jatah kuota untuk 25 orang, yang dikelola oleh Nanjing Xiaozhuang University melalui kantor Representatif di Indonesia yaitu Brightstar Education untuk proses administrasinya. Secara keseluruhan, kegiatan ini langsung di Host oleh Foreign Office Affair Provinsi Henan, yang bekerjasama dengan beberapa sekolah di kota-kota yang dikunjungi, salah satunya yaitu Puyang Jian Ye International School. Kegiatan Summer Camp ini antara lain belajar Budaya dan Bahasa Mandarin (Wushu, Paper Cutting, Kaligrafi, Chinese Painting, Seni Tari), mengunjungi tempat-tempat bersejarah kuno di Henan, mengenal masyarakat lokal dan mengenalkan Indonesia di China. Tujuan dari program ini adalah untuk mendidik generasi muda China dan Indonesia, agar terpupuk rasa solidaritas yang tinggi melalui program pertukaran budaya, sehingga dimasa mendatang, diharapkan generasi penerus yang sudah saling mengenal ini akan semakin membawa hubungan kedua negara ke arah yang lebih baik dan mempererat tali kerjasama di berbagai bidang. Tentu tidak ketinggalan, tawaran beasiswa untuk belajar di China juga akan diberikan pada camp ini.

Program ini adalah program berbeasiswa partial, dimana beasiswa tersebut berupa seluruh akomodasi dan kebutuhan selama kegiatan akan ditanggung oleh Pemerintah China. Mulai dari Hotel, Makan 3x sehari, Tiket masuk Wisata, Transportasi lokal selama Camp, Kaos Summer Camp dan berbagai keperluan lain dalam kegiatan belajarnya. Namun, Karena beasiswa partial, peserta masih harus menanggung biaya Tiket Pesawat Indonesia-China PP (Landing di Bandara Internasional Xinzheng di kota Zhengzhou), Biaya Visa, dan Biaya Administrasi. Total Biaya yang masih harus ditanggung peserta adalah Rp. 10.000.000,- all-in untuk membeli tiket pesawat Jakarta-Zhengzhou PP dengan Maskapai Xiamen Air (Sky Team), Biaya pembuatan Visa China dan Biaya Pendaftaran. Untuk seluruh akomodasi selama di China, sudah akan sepenuhnya ditanggung oleh pihak FOA Provinsi Henan. Dari kuota 25, untuk sekarang ini masih tersisa 12, dimana 13 kuota sudah diambil oleh Mahasiswa Indonesia yang ada di Nanjing Xiaozhuang University. Dalam kesempatan ini juga, akan ada 25 Pelajar dari Amerika Serikat yang mengikuti Summer Camp di Henan ini. Peserta nanti juga perlu untuk menyerahkan berkas-berkas yang disyaratkan oleh pihak penyelenggara, yang bisa dilihat pada halaman selanjutnya. Akan ada sertifikat untuk kegiatan camp ini dari Foreign Office Affair Provinsi Henan.

Adapun syarat bagi peserta adalah :

  • Pelajar berusia 14-23 tahun dari Indonesia, sehat jasmani dan rohani.
  • Untuk Guru Pendamping dari Sekolah bisa 1-2 orang (Guru pendamping juga masuk dalam hitungan kuota).
  • Memiliki paspor yang masih berlaku minimal 6 Bulan pada bulan Juli 2017. (Jika pada Juli 2017 masa berlaku paspor peserta kurang dari 6 bulan, silahkan perpanjang dari sekarang di kantor Imigrasi terdekat).
  • Isi formulir secara lengkap, beserta berkas persyaratan lainnya, nanti dari pihak Brightstar Education akan mengambil berkas tersebut secara kolektif ke Sekolah/kampus (Sekolah yang masih satu kota dengan Brightstar Education, yaitu Yogyakarta dan Jakarta).
  • Untuk sekolah yang diluar area kantor Brightstar, dapat mengirimkan berkas via Pos ke alamat yang tertera pada Booklet ini.
  • Memiliki pemahaman Bahasa Mandarin Dasar.
  • Mengisi formulir pendaftaran yang disertai dengan Foto 4×6 Background Putih.
  • Membuat Motivasion Letter kenapa ingin mengikuti program ini.
  • Formulir dan Motivation Letter dikirim dahulu ke email kami brightstarjogja@gmail.com
  • Setelah kami periksa, jika pendaftaran di terima akan kami berikan Letter of Acceptance.
  • Bagi mahasiswa, setelah mendapatkan Letter of Acceptance dari kami, bisa mencoba mengajukan sponsorship ke pihak kampus masing-maisng atau jaringan yang dimiliki.

Untuk pendaftaran dan informasi silahkan menghubungi M.Ridlwan, Brightstar Office: (0274) 280 2858 |WA/LINE: +62877 3891 7666 | www.brightstareducation.co.id| brightstarjogja@gmail.com

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube