Menu

Beban Studi dan Beban Kredit Semester

Share Facebook Share
  1. Pendidikan di UAJY diselengarakan dengan Sistem Kredit Semester (SKS), untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.
  2. Perencanaan Beban Studi adalah penyusunan program akademik oleh mahasiswa dengan bimbingan Pembimbing Akademik berdasarkan syarat dan peraturan yang berlaku.
  3. Beban Kredit Semester adalah jumlah SKS maksimal yang dapat diambil mahasiswa dalam satu semester.
    1. Pada semester pertama, setiap mahasiswa baru wajib mengambil sejumlah mata kuliah yang telah ditentukan oleh Fakultas masing-masing.
    2. Beban kredit semester mahasiswa ditentukan atas dasar Indeks Prestasi (IP) studi mahasiswa pada semester sebelumnya.
    3. IP adalah bilangan yang menunjukkan tingkat keberhasilan mahasiswa secara kuantitatif yang merupakan jumlah kumulatif dari perkalian kredit (K) dan bobot nilai (N) dari tiap mata kuliah dibagi dengan jumlah kredit semester yang direncanakan (∑ K). P = ∑ (K N) ÷ ∑ K
    4. Jumlah SKS yang dapat direncanakan oleh mahasiswa pada suatu semester didasarkan pada IP, dengan ketentuan seperti tertera dalam tabel dibawah ini:
Program IP Jumlah SKS yang dapat direncanakan
Sarjana > 3,00
2,50 – 2,99
2,00 – 2,49
< 1,99
24 SKS
21 SKS
18 SKS
15 SKS

 

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: fb tw tw Youtube