Menu

Selam

Share Facebook Share
VISI : Sport Scientific Brotherhood
MISI : Organisasi Unit Selam Atma Jaya Yogyakarta (USA) ini dimaksudkan untuk dapat memberikan pembinaan dasar dan mengarahkan penyelaman di Indonesia dan pada khususnya di kalangan civitas Akademika UAJY, dengan tujuan:

1.     Membangkitkan dan mengembangkan cinta laut pada seluruh lapisan masyarakat..

2.     Memupuk kesadaran mengenai kelestarian lingkungan hidup pada umumnya dan alam bawah laut pada khususnya.

3.     Meningkatkan kemampuan teknis bawah laut dengan teknik selam yang baku; benar dan aman.

4.     Menunjang pengembangan kegiatan penelitian dan keilmuan bawah laut/air Indonesia.

5.     Membina dan mengembangkan olahraga/aktivitas selam Atma Jaya Yogyakarta untuk mencapai prestasi yang optimal.

SEJARAH SINGKAT : Pada tahun 1998 Fakultas Biologi UAJY mengadakan pelatihan selam untuk mahasiswa Biologi. Latihan tersebut bekerjasama dengan unit selam UGM (UNYIL) dan dibantu oleh beberapa mahasiswa dari YKPN (USSY). Ada sekitar 7 orang dari Fakultas Biologi UAJY dan 2 orang dosen, yaitu bapak Pram dan bapak Edo.

Pada saat latihan, muncul ide untuk membentuk unit kegiatan selam tersebut. Karena unit kegiatan tersebut berada di bawah naungan Universitas, maka anggota selam bertambah 3 orang dari luar fakultas biologi dan seorang dosen dari lembaga penelitian UAJY yaitu bapak Dwi Yoko Susanto, bertambahnya anggota tersebut berawal dari ajakan mahasiswa biologi yang selalu melakukan latihan rutin di kolam renang IKIP UNY. Seiring berjalannya waktu, saat latihan rutin bersama, tercetuslah ide untuk melakukan LPT (Latihan Perairan Terbuka) pertama ke Karimun Jawa. Tidak hanya itu, ukm selam turut ikut serta dalam kejuaraan fins swimming di Lampung.

Syarat-syarat berdirinya ukm yaitu dengan adanya persetujuan dari ukm lain yang sejenis, pada saat itu ukm lain sejenis yang pertama kali menyetujui berdirinya ukm selam adalah APC (Fotografi) dan disusul oleh PALAWA (Pecinta Alam). Setelah persetujuan tersebut di dapat, berdirilah ukm selam pada tanggal 31 juli 1999 hingga kini.

Prestasi yang telah di ukir adalah lomba fins swimming, melakukan transplantasi karang secara berkala di Pasir Putih Situbondo, Jawa Timur. Mengikuti pemecahan rekor muri pengibaran bendera bawah laut dengan penyelam terbanyak, mengikuti sail Manado, mengikuti lomba OBA (Orientasi Bawah Air).

PROGRAM KERJA POKOK : 1. Penerimaan Anggota Baru,

2. Latihan Rutin,

3. Latihan Perairan Terbuka,

4. Discovery Scuba,Ekspedisi, Fun Dive, Transplantasi Karang, Gathering Diver.

JADWAL KEGIATAN RUTIN : ·         Latihan Rutin : Sabtu (07.00 – selesai) di kolam renang IKIP & kolam renang Jolotundo, Klaten.

·         Rapat koordinasi : diadakan sesuai kebutuhan.

KONTAK PERSON : Dhitta Ashilla Ika K.A. (0878-3918-9009)

Immaculata Retno Prameswardani (0819-0551-3895)

Lydia Carolina Panggabean (0821-3534-9656)

JUMLAH ANGGOTA : 30 orang.
UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube