header-int

Program Studi Akuntansi

Share Facebook Share

Lulusan akuntansi dapat memilih bidang pelayanan keahlian dalam bidang public accounting yang dapat melayani masyarakat seperti dokter atau pengacara atau bidang private accounting yang dapat terlibat di berbagai bidang pekerjaan khusus dalam suatu organisasi, yaitu dalam bidang : Akuntansi Biaya / Cost Accounting, Penganggaran / Budgeting, Akuntansi Umum / General Accounting, Sistem Informasi Akuntansi / Accounting Information System, Perpajakan / Tax Accounting, serta Pemeriksaan Internal / Internal Auditing.

Kegiatan Akuntansi terdiri dari tiga aktifitas utama sistem informasi keuangan, yaitu : mengidentifikasi, mencatat dan mengkomunikasikan semua peristiwa ekonomi yang terjadi di dalam sebuah organisasi (profit atau non profit) kepada pihak lain.

“Jika pembukuan hanya mencatat semua peristiwa ekonomi, maka proses akuntansi mencakup juga cara pengkomunikasian data tersebut; dan hal inilah yang membedakan keduanya. Dalam organisasi bidang akuntansi mempunyai peranan yang besar a.l. sebagai penyedia data untuk mendukung penetapan kebijakan bagi General Management (perencanaan, pengawasan, dan evaluasi).”

Prodi Akuntansi menawarkan kurikulum dengan 145 SKS. Peminatan atau konsentrasi yang ditawarkan oleh Program Studi Akuntansi adalah :

  • Akuntansi Keuangan. Bidang ini membantu mahasiswa dalam penyusunan laporan keuangan entitas bisnis, baik perusahaan perorangan, persekutuan, korporasi, juga multinasional.
  • Akuntansi Manajemen. Bidang ini mempersiapkan mahasiswa dengan konsep-konsep yang diharapkan berguna untuk pengambilan keputusan operasional dan kehidupan nyata sehari-hari. Konsep yang diajarkan dalam ini senantiasa berkembang.
  • Auditing dan Sistem Informasi. Bidang sistem informasi adalah bidang yang sangat berkembang sejalan dengan perkembangan teknologi. Mahasiswa yang berkeinginan menjadi akuntan publik dibekali dengan konsep auditing dalam mata kuliah yang ditawarkan. Materi yang diajarkan antara lain Pemeriksaan Akuntansi, yang meliputi : EDP Auditing, Internal Auditing dan Praktek Audit. Sedang untuk bidang sistem informasi, mata kuliah yang ditawarkan antara lain Analisis Perancangan Sistem dan Manajemen Basis Data.
  • Perpajakan dan Akuntansi Sektor Publik. Bidang ini membekali mahasiswa dengan konsep terkini mengenai Undang-undang Perpajakan di Indonesia dan aplikasinya di dalam perusahaan. Akuntansi Sektor Publik membahas proses penyusunan informasi akuntansi dan penggunaan informasi tersebut dalam entitas non-bisnis dan pemerintahan.

Peran penting Akuntansi Informasi Akuntansi sangat berguna bagi kegiatan perencanaan, pengawasan, dan pengevaluasian kegiatan organisasi (semua general manager sebaiknya mengetahui dan mempunyai akses ke data akuntansi untuk menetapkan kebijkasan bisnisnya); sedangkan bagi pihak eksternal akuntansi berguna bagi pengambilan keputusan kreditur atau investor.

  • Akuntansi Biaya (Cost Accounting) yang mencatat dan mengawasi biaya produksi suatu produk.
  • Penganggaran (Budgetting) yang membantu manajemen untuk menghitung dan mengawasi pelaksanaan rencana kerja dalam kaitan rencana penjualan/ pendapatan, harga pokok penjualan dan biaya-biaya produksi.
  • Akuntansi Umum (General Accounting) mencatat dan mengawasi transaksi sehari-hari dan mempersiapkan laporan keuangan dan informasi lain yang terkait.
  • Sistem Informasi Akuntansi (Accounting Information System) merancang sistem akuntansi dan pemrosesan data akuntansi (manual maupun menggunakan alat bantu lainnya).
  • Perpajakan (Tax Accounting) merencanakan dan mengawasi masalah kewajiban sebagai obyek pajak. Bidang internal auditing melakukan penelitian terhadap operasional perusahaan dan kaitannya dengan kebijakan perusahaan, serta evaluasi kinerja perusahaan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:
Kaprodi Akuntansi : Endang Raino W, S.E, M.Si.
Sekprodi Akuntansi : Drs. I Gede Siswantaya, M.Si.

Alamat : Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Kampus III Gedung Bonaventura
Jalan Babarsari 43 Yogyakarta 55281 Indonesia
Telp : 0274-487711 ext 3222
Fax : 0274-485227

UAJY Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) adalah lembaga pendidikan tinggi swasta yang didirikan oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi - Yogyakarta, di bawah lindungan Santo Albertus Magnus. Universitas Atma Jaya Yogyakarta lahir pada tanggal 27 September 1965, dengan tujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.
© 2014 Universitas Atma Jaya Yogyakarta Follow UAJY: Facebook Twitter Linked Youtube